Whatsapp Jadi Gratis? Bagaimana dengan Telegram, Line dan BBM?

Bangun tidur tadi pagi, saya melihat notifikasi di whatsapp yang katanya servicenya akan diberikan gratis seumur hidup, padahal sebelumnya saya udah beli sampai 2019, sedikit kecewa sih, tapi uang yang udah saya pakai untuk memperpanjang pengunaan whatsapp yang “hanya” beberapa euro saya iklaskan saja. Toh selama ini whatsapp sudah sangat membantu komunikasi saya dengan keluarga.

 

Bicara whatsapp yang digratiskan, sebenarnya tidak terlalu mengejutkan karena beberapa alasan. Pertama sejak diakuisisi oleh facebook beberapa waktu lalu, whatsapp punya dana lebih dari yang dibutuhkan, dengan jumlah pengguna saja yang mencapai ratusan juta (800 juta?) mereka sudah bisa dapat uang, dari mana? Ya dari korporasi yang nantinya membeli akun premium dan digunakan untuk berkomunikasi dengan pelanggannya. Selain itu, meski mereka berjanji untuk tetap membeli layanan sumumr hidup tanpa iklan, sepertinya mereka kebakaran jenggot dengan banyaknya pengguna whatsapp yang pindah ke telegram, aplikasi serupa yang dari awal memberikan layanan gratis, lebih aman, lebih cepat dan tentunya bebas iklan. Kalau telegram memberikan layanan serupa (gratis) juga tidak mengherankan secara pemiliknya juga perusahaan IT, VK yang berbasis di Rusia, dan juga punya uang yang cukup banyak, walau tak sekaya facebook tentunya.

 whatsapp 1

Nah, bagaimana dengan BBM yang dulu pernah berjaya? Jujur saya hampir gak pernah pakai BBM, selain ngambil data banyak, ngambil banyak memori di hape, lambat, dan penuh dengan iklan. Sedangkan Line, we chat dan kawan-kawan juga tak jauh beda dengan BBM sekarang. Jadinya sehari-hari saya lebih banyak pakai telegram, plus whatsapp.

Dengan gratisnya whatsapp, sepetinya kita akan melihat persaingan sengit dua aplikasi messenger, yang satu basis Amrika, satunya lagi basis eropa. Dua-duanya gratis dan dimiliki oleh perusahaan IT yang besar dan kaya. Yang satu sudah duluan terkenal di Indonesia, sedangkan satunya lagi relatif masih baru di negara ini. Bagi saya sendiri, karena alasan security, saya tentu lebih memilih telegram, meski whatsapp kita juga memberikan layanan gratis bebas iklan, seperti telegram. Kalau anda sendiri kiban? Pilih whatsapp? Telegram? Atau BBM? What? Hari gini masih BBM-an? 🙂 just kidding, no effence 🙂

Leave a Reply

