Resolusi Blogging 2016! Bagaimana dengan 2015?

Baiklah, inilah postingan pertama saya di tahun 2016. Jika blogger yang lain kerap menulis resolusi di tahun baru, saya justru belum pernah menulis tentang hal ini. Bagi saya, apapun yang terjadi di tahun baru, hanya satu harapan, semoga semuanya lebih baik dari tahun sebelumnya, itu saja. Untuk tahun yang sudah di lewati, saya rasa cukup hanya dengan flash-back secara personal, apa yang saya kejar, khususnya yang bersifat duniawi, sudah saya peroleh? Bagi saya, sebagian belum, sebagian sudah, sebagian malah melebihi ekpektasi saya.

Well, dalam dunia blogging, blog saya ini ya gitu gitu saja, tidak terlalu banyak yang bisa dibilang “Wah”. Postingannya masih belum teratur, belum rutin, topiknya masih suka-suka hati, dan yang paling parah, tulisannya kadang kecampur Inggris Jerman. Atau memang karena kemampuan indonesia saya yang pas-pasan? Walllau a’lam. Setidaknya edidor pribadi saya itu (mantan) duta bahasa lho, (promosi).

Mengenai topik postingan, namanya saja ini blog probadi, jadinya mungkin akan tetap amburadul seperti ini, kalau lagi baca tentang gadgets, ya saya tulis tentang gadgets; kalau habis periksa pasien jiwa, ya saya tulis tentang pasien jiwa; kalau baru selesai siapin laporan riset, bisa saja saya tulis tentang temuan di riset saya, kalau lagi kesal, ya saya tulis tentang kekesalan saya; tapi konten tentang cinta-cintaan kayak waktu masih joblo dulu kayaknya sudah sangat jarang saya tulis. Hehe.

Iklan adsense yang saya taruh di sisi dan konten, tak banyak memberi income, mungkin karena sudah lari dari tujuan awal nge blog ya? Jadinya ya gak dapat. Baiklah, mulai tahun ini, iklan adsense di dalam tulisan saya hapus saja, tinggalin yang dipinggir. Ingat, tujuan saya ngapplay adsense Cuma penasaran, diterima gak ya sama mbah google, dan alhamdulillah, hanya dua kali apply saja langsung keterima. Katanya sih karena pakai alamat di Jerman, jadinya lebih mudah, padahal konten blog saya tidak terlalu wah, walau untuk originalitas selalu saya pertahankan.

Masih berkaitan dengan bloggin, istri saya juga minta agar kita buat blog keluarga khusus travelling, jadinya saya daftarin www.jaklom.com beberapa bulan yang lalu, tapi ya tapi, blog ini saja sering tak terurus kalau lagi sibuk, apalagi yang itu. Beberapa tulisan yang sudah terlanjur saya tulis juga kisah jalan-jalan yang udah lama, sedangkan yang punya ide? Binik guwe? Cuma senyum-senyum saja, tanpa pernah sumbang tulisan satupun. Hek deh.

Untuk kegiatan akademis yang masih ada kaitannya dengan dunia menulis, alhamdulillah tahun 2005 kemarin ada 2 paper yang di publish, satunya tentang sindrom metabilik, satunya tentang sakit kulit pada pasien jiwa. Satu lagi, tentang Mental health di Aceh setelah tsunami 2004 alhamdulillah juga udah diterima, ya tepatnya tanggal 2 januari kemarin baru dapat email dari publisher kalau papernya udah diterima, jadi sekarang sedang dalam proses finishing dan semoga segera online. Paper ini sebenarnya adalah kerjaan tahun 2014 hingga tahun 2015, trus submitnya pertengahan 2015 dan baru keterima 2016. Lumayan panjang prosesnya. Untuk tahun 2016 ini, semoga saja ada minimal dua atau tiga paper yang bisa dikirim dan di publish di jurnal internasional terindeks.

Satu hal lagi yang masih berkaitan dengan dunia nulis menulis, rencana siapin buku tentang kesehatan jiwa, sampai saat ini baru selesai sepertiganya. Tiba-tiba ngerasa harus fokus dulu ke riset yang masih berjalan, nulis laporan riset dan rencanain riset baru.

Sekali lagi, selamat menjalani tahun 2016 ini, dengan lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya. Buat kawan-kawan blogger, semoga tetap semangat ngeblog, dan semoga niat awal ngeblog dari awal bisa tetap dipertahankan, semoga! (situnis).

2 thoughts on “Resolusi Blogging 2016! Bagaimana dengan 2015?

Leave a Reply

