Tempo: Perusahaan Farmasi Suap Dokter, Bukan Berita Baru!

image

Sempat tersenyum ketika membaca berita tentang investigasi yang dibuat Tempo, dimana katanya banyak perusahaan farmasi yang bermain dengan dokter, yang semuanya bisa dibilang suap. Pertanyaan adalah apakah ini berita baru? atau cerita lama yang semua orang (kesehatan) sudah tau rahasianya? Pertanyaan selanjutnya, berapa banyak dokter di Indonesia yang sudah begini perangainya?

Untuk pertanyaan pertama, kayaknya ini sudah jadi rahasia umum deh, dimana banyak (oknum) dokter bermain dengan perusahaan farmasi, bentuknya ya seperti laporan di Tempo tadi, dimana mereka sering kirim salesnya ke tempat praktik, suka jadi sponsor untuk ikut seminar, dan dapat fee tertentu kalau dokter ngeresepin obat dengan merek punya mereka. Banyak jenis permainan lain, tapi yang paling sering ya yang beginian.

Sedangkan untuk pertanyaan kedua, berapa banyak dokter yang beginian? saya yakin jumlahnya jauh lebih banyak dari yang ditemukan oleh tempo, tapi jauh lebih banyak lagi yang masih jujur, konsisten, dan memegang teguh sumpah profesi yang pernah diucapkan mereka. Bahkan banyak yang rela mengeluarkan uang sendiri untuk mengobati pasien. Sering juga kita dengar dokter yang memberikan pengobatan (konsultasi) gratis kepada pasien. Yang selalu mengelak untuk diajak kompromi dengan perusahaan farmasi juga tak kalah banyak, sayang yang beginian luput dari pemberitan, maklum, tidak menjual beritanya.

Ibarat pepatah, karena nila setitik, rusak susu sebelanga, kerana oknum yang sedikit rusak profesi se Indonesia. Saya bukan dokter, tapi cukup banyak punya kawan dokter yang konsisten dengan sumpahnya. Bahkan saya melihat sendiri bagaimana istri saya yang dokter, tetap mau bekerja di RS, jaga malam merawat pasien dan meninggalkan saya sendirian tidur dalan kegalauan dirumah, dan hasilnya dia hanya digaji 600 ribu dalam sebulan, tanpa pesangon yang lain dama sekali. Memang sih kerjanya tidak tiap hari, tapi ya gitu, masa segitu upahnya?

Balik lagi ke soal sogok menyogok, untuk diketahui saja, tidak hanya perusahaan farmasi yang bermain nakal dalam masalah ini, pabril susu bayi juga cukup nakal, dengan menyogok rumah sakit (anak) untuk memberikan susu mereka ke anak yang baru lahir. Ini berarti mereka sama sekali tidak mendukung program asi eklusif. Padahal di perancis, ada dokter yang di cabut izin praktik dokternya karena mau diajak kong kali kong dengan pabrik susu, sedangkan di Indonesia, masalah ini masih luput dari pemberitaan, tidak menjual? cerita kong kali kong pabrik susu dengan rumah sakit mending saya tulis di postingan lain aja ya?

sekian dulu.

Advertisements

One thought on “Tempo: Perusahaan Farmasi Suap Dokter, Bukan Berita Baru!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s