Surat Keterangan Berkelakuan Baik di Jerman: Ngurusnya Gampang

Jika sebelumnya saya pernah cerita tentang gampangnya mengurus surat pindah rumah atau mengurus listrik di Jerman, kali ini saya punya pengalaman baru, membuat surat keterangan berkelakuan baik (SKKB). Surat ini kadang diminta saat kita melamar pekerjaan, atau untuk ururusan akademis, seperti pada kasus saya. Nah, dalam bahasa Jerman SKKB ini disebut dengan Führungszeugnis, cara bacanya juga sama seperti tulisannya. Ketika saya diberitahu untuk melengkapi dengan surat ini oleh pihak kampus, awalnya batin saya sempat protes, salah apa saya? Belum sempat saya bertanya, si mbak bule di kantor Promotionsbüro sudah duluan menjelaskan, “ini hanya formalitas saja, kami tahu kamu gak punya masalah, tapi ya memang harus dibuat” sebutnya disertai sebuah senyuman manis yang…..(udah, udah punya istri..)

Esok pagi, saya menuju ke kantor polisi yang letaknya memang bersebelahan dengan mesjid Al-Falah, mesjid Indonesia di Berlin. Setelah sampai disana, saya dibertahu kalau surat itu ngurusnya di Bürgeramt, yang dalam bahasa Indonesia mungkin disebut sebagai kantor catatan sipil. Tahu informasi seperti ini, terang saja saya ketawa sendiri, masa surat berkelakuan baik ngurusnya bukan di kantor polisi?

Pulang dari kantor polisi, saya coba buka internet untuk cari tahu atau kalau ada sekalian mau booking waktu untuk termin (janji ketemu) secara online di Bürgeramt. Dan Meski bisa booking online, ternyata waktu tunggunya lebih dari sebulan, jaidnya keesokan harinya saya langsung menuju ke Burgermant terdekat dengan tempat saya tinggal. Oh ya, tidak seperti di Indonesia, untuk keperluan registrasi, kita bisa melakukan di Bürgermant dimana saja di kota kita tinggal. Misalnya saya tinggal di daerah Kreuzberg di Berlin, saya bisa saja ngurus keperluan catatan sipil saya di Bürgeramnt yang ada di kawasan Mitte, Berlin (Maksudnya, lain kecamatan juga boleh, selama masih di kota yang sama).

1 skb

Bürgermant Berlin: sepi diluar, didalamnya Antri

Tiba di Berugermant, waktunya masih jam 08 pagi, dan di dinding kantor tertulis kalau kantornya baru buka jam 08.30. karena sudah tiba, saya putuskan saja langsung masuk, dan ternyata didalam ruangan antriannya sudah ramai, lebih dari dari 10 orang di depan saya. Tidak enaknya tidak punya termin ya seperti ini, kita harus ngantri untuk ngambil nomor antrian, dan ngatri lagi saat mau ketemu petugas. Sekitar 20 menit berdiri di antrian, giliran saya menghadap cewek yang di mejanya bertuliskan “informationen”. Setelah saya jelaskan kalau saya mau buat Führungszeugnis, dia sekilas melihat komputernya, dan kemudian mengatakan kalau untuk pengurusan itu tidak bisa hari itu (sepertinya sudah full book), dan meminta saya kembali 2 hari setelahnya. Pulang kerumah, saya coba pasang status di WA, sambil bertanya di Bürgeramt mana yang relatif kosong. Seorang kawan yang juga tinggal di Berlin membalas kalau Bürgeramt dekat rumahnya relatif sepi dan menyarankan saya untuk kesana. Setelah dapat alamat di internet, saya pun langsung bergerak kesana.

Tiba disana, saya pikir saya salah alamat, atau kantornya sepi dan seperti tanpa penghuni. Tetapi, papan penunjuk jalan yang ada di komplek itu menjadi bukti kalau itu benar kantornya. Masuk kedalam, baru saya temui antrian panjang. Ya, semuanya seperti saya, datang tanpa termin (janji ketemu) duluan, jadi harus antri, sedangkan kalau sudah buat termin, kita tinggal datang pas watunya dan tunggu nomor antrian muncul di layar.

Setelah sekitar 20 menit menunggu, saya kembali berhadapan dengan ibu bulek, kalau yang ini sudah tua, jadi saya langsung tu de poin, mau buat Führungszeugnis. Persyaratan seperti paspor, izin tinggal, dan sebagianya saya serahkan. Si ibu melihat sekilas dokumen saya, dan kemudian mengetiknya di laptop. Pembayaran juga harus dilakukan di tempat, pakai kartu bank, tidak boleh kasih uang cash. Jadi tidak ada uang rokok, karena memang jumlahnya sebesar 13 euro sudah tertulis di website, tidak boleh kurang atau lebih. Bukti pembayaran kemudian diserahkan ke saya, sambil menjelaskan kalau Führungszeugnis-nya akan dikirim dalam seminggu ke alamat rumah saya. Saya pun berpamitan setelah sekitar 5 menit disana. Tiga hari kemudian, selembar Führungszeugnis masuk kedalam kotak pos saya. Begitulah kira-kira pengalaman ngurus SKB di Jerman.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s