iPhone 7: Rumor, Spesifikasi, dan Harga

Belum lagi puas mengutak-atik iPhone 6 yang baru dirilis beberapa waktu lalu, Perusahaan Apple sudah bikin heboh lagi dengan rumor munculnya iPhone 7. Bahkan rumornya, iPhone 7 ini berbeda jauh dengan iPhone -iPhone sebelumnya, mulai dari tampilan, hingga jeroan, semuanya akan di upgrade. Hal ini juga dipastikan akan berimbas ke mahal yang harus kita keluarkan untuk memilikinya, pasti jauh lebih mahal dari iphone seri sebelumnya. Nah, bagaimana spesifikasi iPhone 7 ini, berikut beberapa informasi yang sudah beredar di dunia maya tentang smartphone dari silicon valley ini.

Layar iPhone 7

Masih ingat ketika iPhone 3 atau 3S dikeluarkan, mediang Steve Job dengan banggan mengatakan kalau smartphone yang ideal adalah yang berlayar 3.5 inci. Ukuran ini membuat smartphone mudah di genggam dan mengetik dengan sebelah tangan, dan tentunya muat di saku. Pernah malah ia menyindir smartphone android saat itu yang sudah “nekat” mengeluarkan smartphone ber layar diatas 4 inci, bahkan ukuran 5 inci, yang dianggapnya sangat besar dan tidak nyaman. Tapi ternyata sepeninggalnya bapak Steve, iPhone nekat meng-upgrade ukuran iPhonenya ke ukuran 4 inci di iPhone 5 dan bahkan ke 4.7 inci hingga 5.5 inci di smartphone 6, suatu langkah yang membuat iphone seperti keluar dari pakem ukuran mininya.

iPhone 7 yang akan keluar di prediksi juga berukuran 4.7 inci, ukuran yang kami kira cukup nyaman untuk pengguna gadgets sekarang, dimana dalam kesehariannya tidak hanya dipakai untuk telepon dan sms-san, tapi lebih banyak untuk ber internet ria, membaca berita, menulis email, menulis laporan, bahkan ada yang presentasi atau menulis blog via smartphonenya. Pengalaman saya, ukuran paling kecil yang masih nyaman untuk mengetik di smartphone ada yang ukuran 4.7 inci, lebih kecil itu bisa lebih susah mengingat jari saya yang lumayan jumbo. Yang belum pasti apakah iPhone 7 ini akan diikuti dengan kembarannya yang lebih besar seperti iPhone 6 kemarin yang punya kembaran berukuran 5.5 inci.

iPhone 7

Kamera iPhone 7

Di seri sebelumya, Apple iphone masih setia dengan resolusi 8 MP, meski harus diakui kualitas gambarnya kadang lebih baik dibandingkan dengan kamera smartphone android lain yang ber resolusi hingga 13 MP. Pun demikian, kompetitornya di android dan windows phone sudah bermain di kamera dengan resolusi 13 hingg 20 MP, jadi rumornya iPhone 7 juga akan dilengkapi dengan rear kamera hingga minimal 12 MP.  Jika ini menjadi kenyataan, hal ini sepertinya membuat pengguna DSLR profesional akan memilih untuk membawa iPhone 7 sebegai pendamping DSLR pro nya, dibandingkan yang selama ini membawa pocket kamera.

Memori iPhone 7

Seiring dengan makin banyaknya dan makin tingginya aplikasi di apple store serta makin besarnya resolusi kamera, kapasitas menyimpanan di iPhone 7 juga diperkiran akan makin besar, jika sebelumnya masih ada iphone dengan memori terendah 16 GB, pada iPhone 7 diperkirakan memori terendahnya adalah 32 GB. Begitu juga dengan RAM, pasti akan ditingkatkan secara drastis, bahkan ada rumor yang katanya iPhone 7 akan menggunakan RAM sebesar 5 GB. Kalau ini jadi kenyataan, kecepatan operasi iphone 7 bisa dipastikan meningkat drastis.  Lebih penting lagi, setiap membuka website, data chachenya tida perlu dihapus atau bisa langsung disimpan karena memang RAM nya sudah cukup besar.

Baterai iPhone 7

Meskipun smartphone android sudah banyak yang menggunakan baterai berkapasitas hingga 3000 mAH, iPhone 7 diperkiran masih menggunakan baterai degan kapasitas dibawah 2500 mAH, karena dengan kapasitas sebesar itu, iPhone bisa dipastikan bertahan hingga seharian, tergantung pemakaian tentunya. Kami yakin Apple akan lebih fokus pada optimalisasi aplikasi dibandingkan dengan meningkatkan ukuran dan kapasitas baterai, seuatu keadaan terbalik dari kebanyakan smartphone android.

Fitur dan OS iPhone 7

Jika saat ini iPhone masih menggunakan iOS versi 8.3, iPhone 7 diperkirakan akan dirilis saat iOS 9 sudah selesai dikerjakan. Jika ini jadi kenyataan, iPhone 7 juga bakal jadi yang most sophisticated dibandingkan dengan gadgets keluaran apple yang lain. Selain masalah OS, fitur yang ditunggu-tunggu berupa wirelless charging juga diperkirakan akan diperkenalkan di iPhone 7. Meski ini bukan teknologi baru mengingat Nokia windows phone sudah menggunakannya sejak tahun lalu, keberadaanya di iPhone 7 membuatnya sebagai loncatan yang tinggi dibandingkan iPhone seri sebelumnya.

Harga iPhone 7

Seiring dengan peningkatan spesifkasi dan fitur di iPhone 7, harganya juga bisa dipastikan meningkat jauh lebih tinggi. Dengan memori sekitar 32 GB yang terendah, harga yang ditawarkan Apple bisa mencapai 1000 USD atau sekitar 12 -hingga 13 juta rupiah. Hal ini memang tidak mengherankan mengingat Apple terkenal dengan pengambilan margin keutungan yang besar dibandingkan produk elektronik yang lain (baca: Kenapa iPhone sangat mahal dari Samrtphone Android).

Tangga rilis iPhone 7

Satu hal yang masih berupa tanda tanya besar sekitara rumor iPhone 7 adalah tanggal dirilis dan dijualnya iPhone 7 di pasaran. Hingga saat ini, belum ada tanggal yang pasti kapan iPhone 7 dijual, karena memang pihak Apple belum membuat pengumuman sama sekali. Tetapi, banyak analis memprediksi kalau iPhone 7 bakal dijual di akhir 2015 atau pertengahan 2016, atau malah september 2016? Kita tunggu saja.

Advertisements

One thought on “iPhone 7: Rumor, Spesifikasi, dan Harga

  1. masya Allah,,, yang iphone 3 aja nggak kuat belinya.. apalagi yang tujuh hahaha.. tapi memang iphone kualitasnnya luar biasa.

    btw, bang, klo ada waktu senggang, ntar kita bahas masalah nulis review dari gib itu ya? 😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s