Berburu Ikan Segar di TPI

Menurut kamu, bagaimana sebenarnya difinisi dari ikan segar? Ikan yang baru di angkut nelayan dari laut? Atau ikan yang kamu beli masih dalam keadaan hidup? Lain daerah, lain pula defenisi dari ikan segar. Kawan saya di jerman dengan bangganya bilang ikan segar kalau ikan tersebut dia beli dalam keadaan beku dan baru beberapa hari dibawa dari laut, sedangkan kawan saya di cina bilang kalau ikan segar itu saat kamu beli masih dalam keadaan hidup, jadi belinya dalam plastik yang diisi air, lengkap dengan ikan yang masih berenang di dalamnya. Bagi saya, ikan segar itu adalah ikan yang baru ditangkap, kurang dari 6 jam dan belum dimasukkan kedalam peti es, jadi masih segar – apa adanya. Ikan segar TPI 1

Kadang – kadang memang kalau saya pergi memancing sendiri, saya bisa makan ikan yang sangat segar, ikan yang saya bawa pulang dalam keadaan hidup, dan baru sampai dirumah langsung dipesiang, ini biasanya ikan mujahir yang saya pancing di sungai waktu kecil dulu. Selain ikan mujair, ada juga ikan seungko (saya tak tahu bahasa indones nya), atau ikan mas, yang kami bilang “eungkot cina”. Tetapi berhubung akhir-akhir ini saya hampir tak pernah pergi memancing, jadinya ikan paling segara yang bisa kami makan adalah ikan yang baru saja ditangkap nelayan malamnya.
Ikan Segar TPI 3

Untuk bisa makan ikan segar ini, pagi-pagi kita harus langsung ke TPI, bukanTV pendidikan yang penuh goyangan india itu ya? Tapi TPI ini adalah tempat pendaratan ikan, alias tempat dimana para nelayan mendaratkan ikan yang baru saja ia tangkap dilaut. Nah, di tempat tinggal kami sekarang di blang pidie, TPI nya cukup dekat dengan rumah kami, jadinya sering habis subuh kami langsung hunting ikan sama nelayan. Ya, belinya langsung sama nelayan yang menagkap, bukan sama “mugee” alias penjual perantara, karena kalau sudah jatuh ke tangan mugee, harganya jadi mahal.
Ikan Segar TPI 2

Nah, kekurangn beli ikan sama nelayan langsung ini adalah ikannya belum di pesiang. Oke lah kalau ikannya kecil, tapi kalau belik “eungkot suree” alias ikan tongkol yang besar? Susah kan pesiang dan potong-potongnya. Lagian kalau beli tongkol umumnya sudah duluan masuk kedalam es, jadi beli sama nelayan atau beli di pasar ya sama aja, beda harga dikit doang.

Gitu aja dulu.Berburu ikan segar

Leave a Reply

