Oppo atau Xiaomi, Pilih Mana?

Lagi lagi tentang dua vendor smartphone dari china, Oppo vs Xiaomi, mana yang lebih bagus? Mana yang lebih layak dibeli? Sebelum mengambil kesimpulan, kita lihat dulu sejarah kedua smartphone ini di Indonesia. Dari segi pemasaran, Oppo sudah masuk ke Indonesia jauh sebelum Xiaomi. Tidak hanya menjual produk, oppo sudah lebih dahulu punya servis senter di berbagai daerah, meski banyak yang masih bersifat kerjasama dengan dialer lokal, tapi setidaknya orang tahu harus bawa kemana saat ponsel opponya bermasalah. Sebaliknya xiaomi masih tergolong pemain baru di Indonesia, meski harus diakui permainannya membuat dahi kita berkerut. Flash sale yang menjadi metode penjualan Xiaomi juga terbukti efektif, baik dari segi penjualan, maupun kesempatan promosi produk itu sendiri.

Selanjutnya, kedua vendor ini juga menjual produk untuk berbagai kalangan, mulai dari smartphone entry level yang sejutaan, hingga yang premium yang mencapai 4 juta keatas. Tapi, dari keberagaman produk, Oppo jelas lebih unggul. Sejak masuk ke Indonesia beberapa tahun lalu, Oppo telah menjual berbagai seri smartphone di berbagai rentang harga, sedang Xiaomi jumlah jenis seri yang dijual masih bisa dihitung dengan jari, redmi 1s, redmi 2, dan redmi note. Jadi, untuk pilihan jenis, oppo kali ini unggul.

Untuk kehandalan dan kualitas smartphone, prinsip dimana “kualitas tergantung harga” sepertinya tidak sepenuhnya benar dalam dunia smartphone. Apalagi akalau ada yang bilang “merek menentukan kualitas” ini lebih lebih lagi tidak benar. Kita lihat produk smartphone Sony yang umumnya di banderol dengan harga mahal, tapi malah melempem di pasaran. Selain  kualitasnya yang banyak pas pasan (kecuali yang premium), performanya juga seperti smartphone murahan, setidaknya begitulah pengalaman mimin yang punya salah satu smartphone dari Sony. Jadi harga dan merek bukan lagi pertimbangan untuk hal smartphone.

Terakhir, kembali ke pertanyaan dijudul, bagus mana, atau pilih mana antara Oppo dengan Xiaomi? Semua terserah ke anda. Yang pasti belilah gadget, termasuk smartphone sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan finansial, buka hanya memikirkan gaya. Karna kalau cuma pikir gaya, liat aja BB yang dulu pernah jadi raja, kini melempem dipasaran. Begitu juga Nokia N series yang dulu pernah jadi lambang kemewahan, kini malah tak ada yang mencari, padahal baru 4 tahun lho. Terakhir saat ini merek Apple iphone memang masih dianggap sebagai barang mewah, tapi bukan tak mungkin mereka juga akan kalah dengan produk lain, dari merek lain yang muncul kepermukaan, Samsung yang sementara jadi raja android saja sudah mulai goyang, yakan?

Sekian.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s