Finding Layla Kaylif

Dari banyak penyanyi yang lagunya sering saya dengar, hanya satu penyanyi yang sangat misterius bagi saya: Layla kaylif. Menyebut nama ini, ingatan saya kembali ke tahun 2000-an, saat sebuat kaset pita berjudul MTV fantastic female 2 hampir selalu diputar di tape seorang kawan setiap kali saya berkunjung main ke biliknya. Jika ia mengincar lagi “baby one more time” nya Britney Spears, saya lebih memilih mendengar lagu Shakespeare in love nya si Layla. Selain kedua lagu tadi, lagu kiss me (sixpence none the richer), so young (the corrs), dan I will remember you (Sarah Mc Lahlan) kerap saya dengar, sedangkan saat lagu lain diputar, kami memilih untuk menekan FFW (fast forward), kebiasaan ini membuat pita kaset jadi serak-serak rusak.

Saat hampir selesai kuliah, baru saya mampu untuk membeli komputer pribadi, lewat aplikasi winamp, lagu lagu tadi juga kerap kami dengar, plus lagu lagu lain yang lagi hits saat itu. Dan hingga sekarang pun, 10 tahun kemudian, lagu lagu diatas masih kerap lewat vlc player di laptop saya. Tapi satu hal yang masih misteri, siapa sih Layla Kaylif?

Penasaran dengan penyanyi cantik ini, saya berselancar di internet, mencari dimana dia sekarang? Ada masih aktif bernyanyi? Sudah punya pacara atau berkeluarga? dan sebagainya. Dari beberapa forum dan komentar lagu shakespeare in love di youtube, ternyata ramai orang yang penasaran dengan si layla ini, banyak yang mencari jati dirinya, dimakah dirimu layla?

Setelah beberapa saat berselancar, membaca informasi di internet, saya jadi tahu kalau si Layla memang lebih terkenal di Asia (Tenggara) dibandingkan negara asalnya di Inggris. Dan yang dikenal ya hanya satu lagu, shakespeare in love. Lagu shakespeare ini sendiri dia tulis saat masih kuliah di cambridge, dan selain itu dia juga mengeluarkan lagu apricot time, lengkap dengan video klipnya. Kalau penasaran, ini lagunya:

Kalau yang diatas judulnya Shakespeare in Love, berikut adalah Apricot Time

Selain kedua lagu diatas, masih ada beberapa lagu lain yang ditulis dan dinyanyikannya, tapi sepertinya tidak “seindah” lagu tadi. Selain itu, katanya dia juga sempat mempromosikan albumnya di sebuah negara di Amerika latin, tapi entah bagaimana nasibnya. Informasi lain yang saya dapat adalah sebenarnya si Layla adalah orang arab, atau keturunan arab, tepatnya uni emirates arab, tapi kemudian tinggal dan besar di Inggris raya.

Entah apa profesinya sekarang, bekerja sesuai dengan kuliahnya di cambridge? Atau masih aktif menyanyi? Hanya dia yang tahu. Toh media-media barat tidak pernah memberitakan dia seheboh boyband seperti one direction, padahal bagi saya, lagu-lagu si Layla (setidaknya kedua lagu yang saya sebutkan) jauh lebih baik dibandingkan lagu-lagu si baybond, menurut saya sih!

Semoga kalau si Layla membaca postingan ini, dia mau menghubungi saya dan mau diwawancara online via skype, hehe (cet langet)

Leave a Reply

