Mobomarket vs Google Play, Bagus mana?

Karena kapasitas memori internal smartphone murahan saya yang sangat kecil, sering kali kalau mau update aplikasi di google play tidak berhasil. Setelah beberapa aplikasi dihapuspun tetap saja hanya beberapa aplikasi yang bisa di update. Kalau tidak diupdate malah datang notifikasi sebentar-bentar. Jadinya dongkol juga dengan toko aplikasi ini.

Nah, setelah rencana untuk pasang cyanogenmod tidak berhasil, dengan modal dekat, setelah baca-baca dan nonton tutorial di youtube, smartphone ini akhirnya berhasil saya root. (baca: haruskan smartphone di root?). Dan setelah berhasil di root, saya bisa me non-aktifkan semua aplikasi yang berhubungan dengan google, mulai dari google play store, google app, gmail, google play music, dan google play service, yang kesemuanya adalah pemakan memori paling besar dari semua aplikasi yang terinstall di smartphone. Sedangkan pemakan memori yang bisa diinstall dan uninstall sendiri seperti BBM, facebook dan sebagainya sudah duluan saya hapus.

Mobo 1Dan, jika google play store saya hapus dari smartphone, bagaimana saya bisa menginstall aplikasi lain di hape? Pencarian pun dimulai lagi, dan setelah baca baca beberapa alternatif dari google play store, akhirnya saya pilih mobomarket. Setelah diinstall, ternyata hampir semua aplikasi yang ada di google play store, juga ada dalam mobomarket ini. Hebatnya lagi, untuk mengintall, kita tak butuh akun google. Untuk install, tinggal cari file .apk nya di cnet, klik dan terinstall sendiri. Cuma harus hati hati juga saat mengintallnya, karena secara default dia juga akan menginstal aplikasi china lain seperti baidu browser, DU battery saver dan sebagainya. Saran saya, tak usah diinstal saja semua aplikasi default saat menginstal mobomarket, kalau memang perlu, nanti juga bisa diinstall.

Dari mobomarket ini, hampir semua aplikasi yang saya butuhkan ada, jadi tidak perlu khawatir. Untuk gamer, disini katanya game juga cukup banyak atau sama banyaknya dengan di google store?`wallahu a’lam, saya bukan gamer jadi tak tahu tentang game. Yang pasti gamenya saya lihat juga cukup banyak dimobo market ini.

Balik lagi ke pertanyaan dijudul, bagus mana? Lebih aman mana? Atau lebih enak mana pakai google store dibandingkan dengan mobomarket? Jujur sangat terlalu dini untuk membandingkan kedua toko ini. Mengenai keamanan, memang satu berasal dari Amrik, satu lagi dari Cina, tapi bukan berarti dari amrik lebih aman kan? Jangan-jangan data kita saat daftar di google malah lebih sering disalah gunakan? Saya pribadi sih tidak se-parno sampai segintunya. Toh kita hanya pengguna yang baik, menggunakan hape untuk hal hal yang baik juga, jadi tak usah khawatir kan? Mau dari China, dari Amrik, asal bagus ya kita pakai saja, sambil menunggu nantinya ada toko aplikasi indonesia yang dibuat oleh kawan-kawan kita ahli IT di Indonesia.

Kapan ya?

3 thoughts on “Mobomarket vs Google Play, Bagus mana?

Leave a Reply

