Pilih Xiaomi Redmi atau Oppo

Pasar Indonesia sepertinya tak pernah habis-habisnya menjadi pundi-pundi uang perusahaan pembuat smartphone, baik ynag berbasis di Korea, Jepang, Eropa, Amerika, dan terakhir Tiongkok. Jika sebelumnya Amerika dan Eropa menjadi kiblat perkembangan teknologi smartphone (plus dua asia: Korea dan Jepang), kini Tingkok atau yang sebelumnya kita sebut Cina, menjadi pemain penting pembuatan smartphone di dunia. Kehadiran Xiaomi, OPPO, Lenovo, ZTE dan terakhir Oneplus, serta puluhan merek lainnya yang tidak kita kenal, menjadi bukti bahwa negara tirau bambu ini menjadi penting dalam perakitan alat telekomunikasi.

Nah, dari banyak produk yang sudah masuk ke Indonesia, ada beberapa vendor besar yang mecatat penjualan besar di negara ini, diantara yang suka bikin heboh tentu Redmi dan Oppo. Jika OPPO sudah duluan hadir dan punya banyak gerai yang ada hampir diseluruh negeri, redmi baru tahun lalu hadir dan hanya melakukan penjualan via internet alias online. Dan terbukti cara ini membuat harga jual produk xiaomi jadi lebih murah (Baca juga: kenapa smartphone cina bisa sangat murah)

Nah, jika harus memilih antara Redmi dengan OPPO, ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan. Pertama soal harga. Jika saja spek yang dimiliki oleh seri apapun kedua produk ini identik, bisa dipastikan harga OPPO lebih mahal dibandingkan xiaomi. Ini tak lebih dari strategi penjualan online xiaomi yang bisa menekan harga. Sedangkan OPPO harus membuka gerai, memperkerjakan karyawan dan sebagainya.

Hal kedua adalah after services. Karena punya banyak gerai atau toko yang bekerjasama dengan OPPO di Indoensia, maka seharusnya OPPO punya jaminan after sales services yang lebih baik dibandingkan Xiaomi. Jadi kalau anda punya masalah dengan smartphone OPPO, ya tinggal dibawa saja ke tokok dimana barang tersebut dibeli. Sedang untuk xiaomi, ya harus pusat servisnya. Tapi baiknya kini mereka juga punya pusat servis diseluruh indonesia, lengkapnya bisa dilihat disini; servis center xiaomi. Sedangkan untuk serive OPPO bisa dibaca disini: service OPPO

Hmm, makin hari, makin banyak saja smartphone, makin bingung mau beli yang mana. Kalau boleh saran satu lagi; belilah barang elektronik sesuai kebutuhan, tidak usah kejar spek tinggi dengan harga mahal, karena dalam waktu singkat, spek tinggi dengan harga mahal itu akan segera murah. Gitu aja.

Advertisements

2 thoughts on “Pilih Xiaomi Redmi atau Oppo

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s