Blanja.com, Mitra Ebay di Indonesia

Tulisan pengalaman belanja saya di ebay mendapatkan begitu banyak tanggapan dari pembaca blog situnis.com ini. Karena memang belum semua orang Indonesia terbiasa untuk belanja online dimana barangnya sebagian besar dikirim dari luar negeri. Dari banyak komentar yang masuk, ada yang khawatir jika barangnya tidak sampai, atau tibanya lama. Ada juga pembaca yang bertanya mengenai ongkos kirim yang kadang harus membayar lagi kepada kurir yang mengantarkan barang ke rumah, padahal barang yang kita beli sudah termasuk ongkos kirim, atau emang barang tersebut masuk kategori free shipping alias bebas biaya pengiriman.

Syukur, dari banyak pembaca yang memberikan komentar, ada pegawai kantor pos yang memberikan penjelasan mengenai biaya pengiriman dan bea yang dikenakan kepada barang yang dibeli dari luar. Katanya barang yang dikirim dari luar negeri akan dilakukan 2 kali pemeriksaan, pertama di Bandara Soekarno Hatta untuk memastikan barang yang dikirim bukan barang yang terlarang masuk ke Indonesia. Selanjutnya dikirim ke kota tujuan, misalnya ke di Pabean Bandara Sultan Muda Banda Aceh, dan disini dilakukan pemeriksaan lagi untuk memastikan barang tersebut terkena bea masuk atau tidak. Barang hanya dikenakan bea masuk jika harga barang tersebut diatas 50 usd atau sekitar 700 ribu rupiah. Jika harga barang tersebut dibawahnya, maka tidak ada bea masuk masuk yang dikenakan. Jadi jangan khawatir jika hanya belanja barang-barang kecil yang murah.

Selanjunya, kantor pos akan mengenakan biaya 7 ribu rupiah dari setiap paket yang dikirimkan, tidak lebih. Biaya 7 ribu ini 3 ribunya adalah biaya BBU (Biaya Bungkus Ulang) dan 4 ribunya adalah BLB (Biaya Lalu Bea), jadi tidak boleh lebih dari itu. Saya sendiri pernah mendapatkan kiriman buku dari seorang kawan dari Australia dan memang hanya segitu biaya yang harus saya bayarkan ke pak pos yang mengantarkan barang ke rumah saya, jelas sudah sekarang. Oh ya, mengenai tarif bea masuk ini, bisa langsung di cek ke website departemen keuangan berikut: tarif bea masuk.

http://blanja.com/

Nah, jika masih khawatir juga untuk belanja di ebay, sekarang ebay sudah punya mitra di Indonesia, namanya Blanja.com. Menariknya, meski toko online ini relatif baru, barang yang diperdagangkan sudah cukup banyak, mulai dari fashion, alat-alat elektronik, alat otimotif dan sebagainya. Menariknya lagi, tampilannya juga mirip mirip dengan tampilan ebay, tapi semua informasinya dalam bahasa indonesia. Untuk saat ini sepertinya kita belum bisa membeli secara bidding seperti layaknya ebay. Tapi kehadirannya membuat online shop di Indonesia makin bertambah, dan tentunya kita punya alternatif lebih banyak untuk berbelanja, dengan harga barang bisa langsung dilihat di website, tanpa harus takut dimanipulasi.

Untuk pengirimanmu dijamin tak perlu khawatir yang berlelbihan, karena selain barang yang dujual tidak lagi dikenakan pajak atau bea masuk seperti saat kita membeli barang di luar negeri, pengirimanpun dijamin akan lebih cepat secara toko online ini memang letaknya di dalam negeri. Jadi, yuk kita blanja.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s