Cara Daftar Paypal

Pernah dengar Paypal? bagi orang Indonesia, paypal termasuk hal baru, tetapi bagi penduduk Amerika utara dan Eropa Barat, Paypal sudah menjadi bagian transaksi online sejak hampir 10 tahun yang lalu. Saya sendiri sudah menggunakan paypal sejak tahun 2007 (ketika bermukim sementara di Belanda), dan saat itu banyak sekali transaksi online yang saya lakukan dengan melakukan pembayaran via paypal.

Nah, apa itu paypal? paypal bisa dikatakan sebagai bank online dimana kita bisa menyimpan uang, mengirim uang dan berbelanja online. Untuk menyimpan uang, kita tinggal memasukkan atau mengirim dari rekening bank yang kita punya ke rekening paypal. Untuk mengirim uang, kita bisa mengirim ke pemilik akun paypal, atau ke nomor rekening bank yang kita punya. Bedanya jika kita kirim ke akun pemilik paypal, uangnya langsung masuk, gratis dan hanya butuh alamat email untuk transaksi, sedangkan kalau kita kirim ke rekening bank, akan ada potongan biaya dan jika mata uang berlainan, jika akan dilakukan penyesuaian, misal kirim dalam bentuk rupiah kedalam Euro.

Selain untuk menyimpan dan mengirim uang, paypal sedianya diperuntukkan untuk melakukan transaksi jual beli online di ebay. Ya, empunya paypal adalah ebay dan pihak ebay sengaja membuat paypal agar transaksi jual beli di ebay bisa lebih mudah. Bagaimana pengalaman saya belanja di ebay? sila baca disini: Pengalaman Belanda di Ebay.

16344739996_dcd3bef119_z

Untuk mendaftar di paypal, caranya cukup gampang. Anda tinggi mengisi form registrasi yang ada di website paypal.com. Dalam pengisian, pastikan anda jujur dan tidak berniat untuk menipu, karena selain paypal punya sistem sekuritas yang ketat, hal ini juga sangat fatal. Isilah nama, alamat, dan informasi lain dengan benar. Anda bisa memilih akun itu pribadi (perorangan), kemitraan atau punya korporasi. Setelah proses registrasi selesai, pihak paypal akan mengirim email jika registrasi anda disetujui atau tidak. Jika disetujui, maka akan butuh beberapa hari untuk proses aktivasi sehingga akun tersebut bisa digunakan.

Khusus negara berkembang (termasuk Indonesia), untuk registrasi, selain butuh akun bank yang valid, katanya kita juga harus puya kartu kredit, dimana untuk transaksi sata kita belanja nanti, uangnya akan langsung di debet dari kartu kredit. Sedangkan untuk negara Eropa, bank saja sudah cukup dan kita bisa meng-upload uang sesuai dengan kebutuhan untuk belanja kita. Oh ya, peraturan ini bisa berubah-ubah tergantung kebijakan dari pihak paypal sendiri.

Mengenai peraturan yang berubah ini, saya lihat makin hari makin ketat dalam hal regstrasi akun paypal. Saat saya pertama sekali mendaftar tahun 2007 lalu, prosesnya sangat mudah. Tinggal isi semua informasi online, dan setelah 2 minggu akunnya sudah bisa digunakan untuk belanja atau kirim uang. Sedangkan sekarang, prosesnya sudah lebih sulit, selain kita harus telpon mereka, kita akan dikiri surat ke rumah untuk memastikan alamat kita sesuai, dan kadang mereka akan memantau secara random aktivitas  akun kita. Tapi jangan khawatir, selama informasinya benar, akun kita tak akan dibekukan kok.

Udah berhasil registrasi? Berhasil atau ada masalah? Atau punya pengalaman berbeda saat registrasi dan transaksi via paypal? kalau iya, jangan lupan dikabari di komen dibawah ya? selamat berbelanja dan ber paypal ria 🙂

Advertisements

One thought on “Cara Daftar Paypal

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s