Ketagihan Adel Tawil

Bukan karena dia berasal dari Berlin, lantas saya menyukainya. Bukan juga ingin nampak keren dengan semua lagunya yang berbahasa Jerman, lantas saya menyanyikan lagunya. Tetapi karena pesan yang ia sampaikan dalam lirik lagu, irama yang didendangkan, suaranya yang berat serta komposisi keseluruhannya membuat saya ketagihan dengan lagu-lagunya Adel Tawil.

Ya, untuk warga Indonesia, sangat sedikit yang kenal dengan penyanyi Jerman keturunan Mesir ini. Saya pun mengenalnya setelah bermukin (sementara) di Berlin, kota dimana si Adel dilahirkan. Dan setelah mendengar beberapa lagi dia, sayapun ketagihan. Lagu pertama Adel yang saya dengar adalah “Stark” yang dia nyanyikan dengan teman duo-nya di Ich und Ich. Kemudian saya ketemu lagu Lieder. Dan lagu ini sangat menarik, karena liriknya merupakan kumpulan dari lirik lirik lag sebelumnya. Dalam bahasa Jerman, Lieder adalah bentuk jamak dari Lied yang berarti lagu.

Bagi yang penasaran, langsung saja cekidot lagunya dibawah ini.

Untuk kumpulan lirik darimana berasal, bisa dilihat disini: wiki – Lieder Adel Tawil

Selain lagu diatas, ada sebuah lagu lagi yang ia nyanyikan dengan penyanyi yahudi amerika yang bernama matisyahu. Jujur saya lebih prefer kalau lagu ini hanya dinyanyikan oleh bang adel sendiri tanpa harus kolaborasi dengan penyanyi lain. Tapi mungkin karena pesan dari lagu adalah persahabatan dan kedamaian, dia berkolaborasi dengan orang ini. Lihat saja liriknya yang bunyinya gini “Komm wir bringen die Welt zum leuchten” yang berarti kira-kira “mari membuat dunia tersenyum”. Silakan disimak lagu yang lengkap dengan liriknya berikut:

Gimana dengan lagunya? indah bukan?

Leave a Reply

