Pengalaman Pertama Belanja Online

Pernah belanja online? Sempat khawatir tertipu? Tapi belakangan belanja juga karena harganya jauh lebih murah dibandingkan beli ditoko? Hal itu pernah saya alami, tepatnya sekitar tahun 2007 silam. Saat itu toko online di Indonesia masih bisa dihitung pakai jari, jadi memang perlu benar-benar selektif dan haqqul yakin dan kecil kemungkinan tertipu, baru saya nekat membeli.

 Barang yang saya beli online untuk pertama sekali dalam hidup saya adalah kamera digital. Saat itu masih sangat jarang yang punya kamera jenis ini, bahkan seperti kamera pocket saya, dengan hanya 3.5MP saja harus saya tebus lebih dua juga, padahal untuk spek seperti itu, sekarang harganya tidak sampai pun sejuta, bahkan smartphone entry level sekarang punya resolusi yang lebih besar dengan hasil potret yang lebih baik tentunya. Itulah teknologi, makin baik dan makin murah seiring dengan perjalanan waktu.

image

Tampilan cipika di smartphone

Waktu mau beli kamera itu, saya sampai tiga hari chatting di YM dengan yang punya toko, tanya ini itu, hingga yakin barangnya akan sampai. Dan memang toko itu cukup bisa dipercaya, terbukti barang yang saya pesan tiba di rumah beberapa hari kemudian. Toko kamera ini masih tetap jualan sampai sekarang, tapi yang namanya kamera, butuh waktu lama baru kita upgrade, ganti yang baru, bahkan kamera yang saya pesan saat itu masih baik baik saja, hingga saya kehilangannya beberapa waktu yang lalu, terjatuh? Saya tidak terlalu ingat.

Sekarang yang sering kita gonta ganti justru smartphone, dan ada satu toko online baru yang cukup bagus untuk kita bisa beli gadgets disana, namanya cipika.co.id. Memang, selain menjual gadgets, toko online ini juga jualan kuliner, booking tiket dan sewa mobil online hingga lifestyle. Tapi yang menarik buat saya hanya gadgets, lha kan saya emang suka sama gadgets. Kenapa menarik? Pertama kita bisa langsung lihat harga tertulis dibawah gadgetsnya, selanjutnya kalo emang mau beli yang langsung pesan, bayar, barang dikirim, jadi deh.

Oh ya, kenapa saya bilang toko ini aman dan tidak menipu? Lihat saja ada lambang “trustwave” dibawahnya. Kalau di klik maka akan keluar tab baru yang menunjukkan apakah transaksi dengan kartu kredit di toko ini aman atau tidak. Jika tertulis “validated”, maka itu biasanya menjadi alasan saya mempercayai sebuah toko online atau tidak. Selain itu, toko ini memang di support oleh salah satu perusahaan telekomunikasi terbesar di Indonesia, Indosat, sehingga tingkat kepercayaan jadi lebih lagi. Itu saja dulu.

2 thoughts on “Pengalaman Pertama Belanja Online

Leave a Reply

