Cemburu dengan Mualaf Gemes

Awalnya sempat bingung dengan maksud judul tulisan di sebuah media online nasional tentang kegiatan mualaf gemes di car free day. Setelah baca isinya, saya jadi tahu maksud gemes disini adalah “gerakan memungut sampah”, wah kreatif juga singkatannya ya.

Ceritanya menjadi menarik ketika mengetahui bahwa kegiatan mememungut sampah ini memang di organisir dan dilakukan oleh mereka yang mualaf alias sudah memeluk agama islam. Bahkan mereka mengaku ini adalag media dakwah yang baik disaat umat islam di cap jorok (karena tayamum), tidak peduli lingkungan dan sebagainya. Jujur saya salut sekaligus malu dengan saudara-saudara ini karena mereka dengan suka rela melakukan kegiatan ini. Padahal sebagai muslim sejak lahir, jangankan untuk melakukan kegiatan seperti itu, terpikir saja belum sempat.

Pendekatan dakwah persuasif seperti ini tidak hanya terbukti efektif, tetapi juga mereka telah melakukan ajaran agama islam secara langsung untuk menjaga kebersihan. Saya ingat waktu masih kecil dulu saat masih ngaji di surau, teungku (ustaz) sering kali mengingatkan kami untuk menjaga lingkungan; jangan melukai pohon karena mereka juga bernyawa, jangan buang sampah sembarangan, kalau ketemu duri atau ranting pohon di jalan maka harus di singkitkan, dan sebagainya. Dan peringatan itu hanya sering berada dalam ingatan, jarang yang berakhir dengan perbuatan.

Dan, betapa kegiatan gemes, gerakan memungut sampah, yang dilakukan oleh saudara muallaf, menjadi pengingat bagi saya, dan mungkin pembaca, untuk lebih menjaga alam dan lingkungan, tidak membuang sampah sembarangan, saling mengingatkan saat ada yang khilaf telah membuang sampah ditengah jalan, dan sebagainya. Bukankan seorang muslim adalah cerminan bagi muslim yang lain? Yang darinya kita bisa instrospeksi diri dan belajar. Jadi, kalau mengaku muslim, mari mulai memungut sampah. Mau?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s