Cara update – Install Aplikasi Android saat Memory Sudah Penuh

Pernah coba update aplikasi android di Smartphone namun terus menerus gagal atau error dan ada notifikasi memory sudah penuh? Padahal dilihat dari memory masih banyak untuk bisa instal atau update aplikasi di smartphone tersebut?

Berikut ada dua cara yang bisa dilakukan untuk bisa update atau install aplikasi dari play store saat notifikasi memory tidak bisa update alias error karena sudah penuh.

1. Kosongkan chache aplikasi.

Untuk mengosongkan atau menghapus chache ini, bisa dilakukan secara manual di masing masing aplikasi, atau dengan menginstall aplikasi penghapus chache yang ada di play store. Beberapa aplikasi yang bagus misalnya ccleaner atau clean master. Dengan menginstall aplikasi ini, maka proses penghapusan atau cleaning chache bisa dilakukan dengan mudah.

2. Uninstall game atau Aplikasi besar
Jika cara penghapusan chance juga tidak bisa karena memory terlanjur penuh, maka yang bisa dilakukan (dan ini sering sekali saya lakukan) adalah dengan menginstall sementara game yang memakan banyak memory, misalnya angry bird. Dengan menginstall game ini, kemungkinan besar aplikasi lain dapat di install atau di update karena data yang tersimpan dari game ini lumayan besar.

Selain game, beberapa aplikasi yang jarang digunakan juga bisa di uninstall selamanya atau sementara. Meng-uninstall game atau aplikasi yang jarang dipakai ini tidak hanya membuat memory bertambah besar, tetapi juga bisa membuat kinerja smartphone lebih cepat dan tentunya membuat baterei lebih tahan lama.

Tapi, jika kedua cara tersebut belum berhasil juga, maka ada dua cara lain yang terbukti efektif. Pertama adalah dengan menginstal ROM baru, dan yang kedua adalah dengan cara memberikan akses root ke smartphone. Menginstall ROM adalah menginstall android versi lain yang tidak ada embel-embel google. Salah satu ROM yang cukup terkenal adalah cyanogen. Smartphone keren seperti One PLusone menggunakan cyanogen ini. (Baca: Mengenal Cyanogenmod). Sedangkan informasi mengenai rooting bisa dibaca disini: Keuntuntungan Smartphone di Root.

Kedua cara ini sudah terbukti dapat membuat baterai bertahan lebih lama, lebih cepat, dan yang paling penting, tidak diributkan lagi dengan batasan memori untuk instalasi atau upadate aplikasi. Semoga membantu!

Advertisements

One thought on “Cara update – Install Aplikasi Android saat Memory Sudah Penuh

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s