Bu Susi – Menteri Kelautan dan Perikanan yang Fenomenal

Diantara 34 orang menteri kabinet kerja yang diumumkan Presiden Jokowi kemarin sore, ada satu nama yang membuat banyak orang geleng-geleng, siapa lagi kalau bukan bu Susi Pujiastuti, sangking fenomenalnya, hari ini (senin – 27 Oktober) namanya masih nangkring di trending topik twitter. Kenapa satu dari 8 perempuan yang menjadi menteri Jokowi JK ini begitu menarik perhatian? Apalagi kalau bukan latar belakang (pendidikan) dan kepribadiannya yang jauh berbeda dengan para menteri yang lain. Berikut beberapa hal yang membuat bu Susi menjadi favorit sekaligus fenomenal.

1. Hanya Lulusan SMP

Seperti kita tahu bersama, bu Susi adalah menteri yang pendidikannya paling rendah diantara para menteri lain. menteri sekretaris negara misalnya, Prof Pratikno, adalah seorang rektor salah satu universitas terbaik di Indonesia, UGM, sedangkan bu Susi tidak lulus SMA alias hanya berijazah SMP. Tidak heran jika dunia twitter indonesia kembali berkicau, “bahkan seorang lulusan SMP pun bisa menjadi menteri di republik ini. Karena tingkat pendidikan yang rendah ini pula, banyak yang menyamakakn bu susi ini dengan para menteri berpendidikan rendah yang pernah duduk di pemerintahan Indonesia sebelumnya, ada yang tau menteri apa saja yang berpendidikan rendah semasa pemeritahan bung karno?

2. Agen ikan

Bu Susi terkenal sebagai orang yang memulai usahanya dari bawah. Keliling pasar ikan bukan hal baru bagi beliau, tetapi sudah dilakukan sejak lama. Dari bisnis ini pula bu susi menjadi pengekspor ikan dan udang ke negeri tetangga. Pesawat yang dimilikinya awalnya juga banyak digunakan untuk mengexport lobster, seperti lobster dari Simeulu yang beliau export ke Singapura dengan pesawatnya. Ada cerita kawan yang pulang dari Sinabang ke Medan pakai pesawat susi air duduknya diatas lobster yang mau di bawa ke Singapura.

Foto: Beritagar

Foto: Beritagar

3. Pemilik Maskapai Susi Air

Jika masakapai terbesar dari segi penumpang yang diangkut di Indonesia saat ini adalah lion air group, maka maskapai yang paling banyak punya pesawat kecil adalah susi air. Saya sendiri belum pernah naik pesawat ini, tapi mereka sudah beroperasi hampir diseluruh kawasan di Indonesia. Bahkan daerah daerah pelosok yang tidak diterbangi oleh maskapai besar seperti Garuda, Lion atau sriwijaya, seperti ke pulai simeulue, susi air justru masuk kesana. Penumpangnya katanya memang tidak selalu penuh, tapi jangan khawatir bangkrut, karena pesawat ini selalu membawa lobster untuk di export.

4. Punya Suami Bule

Meski hanya lulusan SMP, bahasa inggris bu Susi cukup bagus, setidaknya beliau bisa punya pasangan hidup orang Jerman, yang pasti untuk komunikasi butuh kemampuan bahasa selain bahasa Indonesia. Di twitter tadi saya baca banyak yang koplen tentang bu susi yang katanya tidak nasionalis karena punya suami bulek, tapi di twitter juga saya dapat komentar bagus seperti ini “bu susi suami bule —> tidak nasionalis, kalau petinggi partai P** punya istri bule —> itu dakwah.

Wah, masalah pasangan hidup itu urusan yang diatas bung, kalau udah dijodohkan sama manusia kutub, ya jodohlan namanya. Masalah nasionalisme tidak bisa diukur hanya dari jodoh yang sudah ditetapkan yang maha kuasa.

5. Ahli Isab Rokok

Jika kaum lelaki yang mengisap rokok dianggap sebagai sesuatu yang wajar, tetapi kalau perempuan yang merokok dianggap sebagai perempuan yang “nakal”, setidaknya begitulah anggapan sebagian warga negara ini. Bagi saya, merokok itu hak asasi, yang paling penting adalah jangan merokok ditempat umum, yang dengan memuaskan hak asasi kita perokok, tapi juga membunuh hak orang untuk menghirup udara bebas dengan memaksa menghisap asap rokok kita. jadi kalau seorang menteri merokok yang itu hak beliau, asal jangan lagi wawancara, lagi rapat atau lagi di depan umum beliau merokok, itu yang nakal namanya.

6. Punya tato

Kalau masalah punya tato ini saya juga baru tahu setelah liat komentar dan postingan di twitter. Dari foto foto itu, katanya tato bu Susi adanya di kaki beliau, ada yang bilang mirip lobster, tapi yang pasti belum tau, mungkin nanti bu Susi mau klarifikasi?

$$$

Apapun komentarnya, kami berharap bu Susi bisa membawa indonesia lebih baik, khususnya untuk saudara-saudara kami yang nelayan, yang ikannya selalu dicuri oleh nelayan tetangga yang punya teknologi lebih canggih dalam kapal ikannya. Saya yakin bu Susi tau persis tentang masalah ini.

Advertisements

4 thoughts on “Bu Susi – Menteri Kelautan dan Perikanan yang Fenomenal

    • Iya, entah kenapa ya masih banyak sekali orang yg apatis kayak gitu, belum lihat kinerja dia kok sudah menilai duluan?

      masalah tato ya urusan dia, dari pada jenggotan dan pake topi haji kemana2 tapi uang negara di gerus semua…hmmm

  1. alaika says:

    Nyan keuh meunan awak tanyoe, nyoe salah jeh salah. Urusan jodoh pih dikomentari. Sepakat dengan Tunis, bhw urusan jodoh ga ada hubungannya dg tingkat nasionalisme seseorang. Hadoh, ada2 aja yaaa… Hihi

    Aamiin, semoga Bu Susi bisa bergandengan tangan dengan para menteri lainnya dalam rangka membawa negeri ini ke arah yang lebih baik. Aamiin.

    Eh, naik susi air? Sering waktu dinas Banda Aceh – Simeulu and vise versa dulu. 🙂 Asyik lho, pilotnya bule, cakep2 pula. Haha

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s