Cara Menghemat Data Internet

Internet sudah jadi kebutuhan primer bagi sebagian orang. Koneksi dengan internet tidak hanya dibutuhkan untuk bekerja, tetapi juga untuk berkomunikasi hingga bersantai. Mahasiswa juga banyak yang menggunakan internet untuk belajar. Nah, untuk bisa koneksi dengan internet, biasanya orang menggunakan wifi atau dengan mobile. Jika menggunakan wifi, maka tak banyak yang perlu di khawatirkan, karena umumnya koneksi via wifi tidak terbatas dan kebanyakan gratis, atau setidaknya sudah dibayar orang lain melalui paket tertentu. Yang menjadi masalah adalah ketika kita online dengan handphone atau smartphone, dimana internet yang disediakan umumnya masih dalam bentuk volume based. Ada memang paket tertentu yang memberikan koneksi unlimited, tapi sering lambat atau mahal, jadinya paket volume based jadi yang paling sering digunakan oleh mereka yang butuh internet cepat via smartphone.

Nah, berikut beberapa tips agar data volume internet yang kamu beli tidak cepat habis:

1. Update via wifi.
Pengguna smartphone smartphone, baik yang menggunakan windows phone, android atau iphone, semuanya butuh di update secara regular. Nah untuk update ini, biasanya akan memakan banyak data, jadi pastikan untuk mengupdate atau mendownload sesuatu, kamu lakukan via wifi, sehingga menghemat data.

2. Matikan Facebook.
Facebook merupakan media sosial yang paling banyak digunakan orang saat ini, dan aplikasi FB yang terinstal di smartphone biasanya terus menerus mengkonsumsi data internet. Bahkan berdasarkan pengalaman mimin, aplikasi FB adalah salah satu yang paling banyak makan data dibandingkan aplikasi lain. Jadi untuk menghemat data internet, tidak ada salahnya aplikasi ini atau aplikasi lain yang makan banyak data di non- aktivkan saja. Selain hemat data, kita juga tidak perlu sibuk untuk bentar bentar buka hape setiap notifikasi muncul.

3. Pergunakan wifi umum
Nah, khusus poin ini untuk mereka yang tinggal di daerah yang wifi hotspot banyak tersedia. Di Banda Aceh misalnya, hampir semua warung kopi menyediakan wifi gratis, modalnya hanya segelas kopi, dan kemudian bisa berinternet ria tampa batas. Tapi untuk yang versi gratisan ini, biasanya kecepatan internetnya terbatas, apalagi kalau pengunjung warung kopi lagi ramai ramainya. Alternativenya tentu pakai yang berbayar, dan sekarang dengan adanya wifi.id, internetan bisa sangat murah tapi kecepatannya sudah cukup kencang. Tugas kita hanya mencari tempat dimana hotspot wifi id tersedia, baik di sekolah, tempat umum, dan tentunya warung kopi kalau di Banda Aceh.
Cara mengatikannya juga sangat gampang, tinggal koneksi ke wifi.id atau speedy instant@wifi.id, kemudian daftar pakai kartu hape kamu ke 8108 dengan mengetik net 1000 sms, untuk 2 jama atau net 5000 sms untuk seharian. User id dan pasword akan segera dikirim dan kamu bisa berinternet cepat, kencang dan tanpa batasan data. Udah pernah coba?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s