Pengalaman Belanja di Ebay

Pernah belanja di ebay? Beli langsung atau ikut lelang? Untuk sebagian warga Indonesia, ebay sepertinya belum begitu popular dibandingkan dengan situs belanja online asli dalam negeri seperti toko bagus, kaskus, atau toko toko online lainnya. Tapi buat warga Amerika utara dan Eropa, Ebay, Amazon, Zalora (induknya Lazada) sudah menjadi teman belanja sehari hari. Walau belum semuanya pernah menggunakan layanan ini, tapi umumnya mereka tahu atau minimal pernah mendengar atau melihat iklannya di jalan.

Saya sendiri menjadi pengguna layanan jual beli online setelah ke Eropa, sekitar tahun 2007 lalu. Pernah memang saya membeli kamera di toko online yang ada di Indonesia, tapi setelah benar benar yakin bahwa toko itu tidak fiktif, bertanggung jawab dan bisa dipercaya. Sedangkan di Eropa, saya tidak begitu khawatir ditipu, karena memang umumnya toko online disini sudah diverifikasi.

Belanja di ebay, atau hanya iseng iseng nge-bid barang yang dipajang disana sering saya lakukan. Sering juga akibat iseng tersebut, saya harus membeli barang yang kadang tidak terlalu saya butuhkan. Tapi sering juga belanja dengan cara biding, action atau lelang dalam bahasa kita ini menguntungkan bagi saya. Contohnya laptop yang sudah 2 tahun lebih bersama ini, saya beli di ebay dengan harga yang jauh lebih murah daripada harga aslinya. Yang namanya lelang ya untung-untungan kan?

Meskipun pada saat diluncurkan, September 1995, ebay ini murni sebagai situs untuk penjualan secara lelang, kini ebay juga memungkinkan kita untuk membeli segera barang langsung “buy now” or “sofort kaufen”. Jika memilih untuk membeli secara lelang, kita musti sabar dan teliti terhadap barang yang dilelang tersebut. Sedangkan jika mau membeli langsung, umumnya, selain harganya sudah fix, kita juga tak perlu lama menunggu, tapi seni ber ebay ya tak ketemu.

ebay vertikalMeski kita bisa membeli barang yang kadang jauh lebih murah daripada harga aslinya di ebay, penjual biasanya jarang mau  layanan mengirim ke Indonesia. Pernah seorang seller saya tanya kenapa indonesia di exlude, dia menjawab bahwa barang yang dikirim ke Indonesia sering tidak sampai ke pembeli, sehingga pembeli komplain dan dia harus mengembalikan uang pembeli tersebut. Kenapa begitu? Karena begitulah jaminan yang diberikan oleh paypal.

Nah, apa pula itu paypal? Bisa dibilang, paypal ini semacam rekening online, dimana bank nya dimiliki oleh ebay, kita bisa menyimpan uang tapi tak pernah berbunga, dan kita juga bisa berbelanja dengan uang di paypal tersebut. Untuk bertransaksi yang dibutuhkan hanya alamat email, sehingga email benar benar seperti alamat rumah di bank konvensional, tempat dimana orang bisa mengirimkan sesuatu, dalam hal ini uang.

Untuk mendaftar di paypal, baiknya baca disini : cara mendaftar paypal.

Meski paypal ini punya ebay, tetapi juga bisa digunakan untuk transaksi yang bukan di ebay, misalnya ketika hendak membayar domain blog, saya bisa bertransaksi atau membayar via paypal  begitu juga ketika ada orang yang memasang iklan di blog istri, alih alij minta di transfer ke rekening bank, kami malah minta di kirim ke paypal saja. Toh dari paypal uangnya juga bisa ditarik ke rekening bank.

Baca Juga: Kenapa harus memilih smartphone dengan processor Qualcomm Snapdragon!

Oh ya, buat yang mau belanja di Amazon atau Ebay tapi tidak punya kartu kredit atau belum punya akun paypal, sekarang sudah ada jasa yang bisa membantu untuk belanja disitus online tersebut, namanya Yuzzlin. Kalau butuh bantuan,  silakahkan langsung ke website mereka: Yuzzlin: Jasa Belanja Ebay.

Kalau dipikir-pikir, canggih nian ya dunia saat ini. Hanya melalui tuts komputer, atau hanya dengan modal “tekan tekan” di layar tablet, berbagai transaksi bisa dilakukan. Dunia jadi lebih baik? Hmmm belum tentu!

//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js //

Advertisements

118 thoughts on “Pengalaman Belanja di Ebay

  1. Yang jadi kendala kalau beli disana yaitu pengirimannya, soalnya banyak yg bermasalah pas sampe Indonesia alias kena biaya ini itu, kalau yg udah biasa mungkin ga masalah ::)

  2. edo lovian says:

    saya baru mau nyoba bertransaksi di ebay dan udah punya akun di ebay,udah punya akun paypal tapi belum verifikasi paypal karna ga punya CC dan bank yg saya pakai ga mendukung paypal (bank BR*),bank lokal apa aja yg bisa dipakai buat verifikasi paypal gan?dan biasanya perhitungan biaya tambahan pas barang udah di indonesia itu gimana sih gan?thanks b4

    • kalau bank lokal mana saya kurang tau juga, tapi coba tanya BC* atau bank internasional yang ada di tempat tinggal agan, dulu bank BC* ini saya tanya juga belum bisa, gk tau sekarang. cara gampangnya ya punya CC :).

      Harga barang dan ongkir biasanya cukup jelas saat kita transaksi, dan seharusnya tidak ada biaya tambahan lagi, kecuali kurirnya nakal minta tambah uang (pernah saya alami soalnya). dan kalau yang dibeli barang mewah atau mahal, juga bisa kena pajak, tapi saya gk pernah beli barang mahal2 sekali :), semoga membantu gan..

    • Abie Rachman says:

      Ane pengguna paypal gan dr semenjak tahun 2011, utk verifikasi ane mnggunakan VCC (virtual) karna ane gak pnya CC gan dan sudah bsa terhubung lngsung ke bank BC* utk kperluan tranfer dana ke rek. kita di dlm negeri. klo utk bank yg lain ane kurang bgitu paham, sampai skrg ini VCC ane sudah expired jd gak bsa mncairkan dana ke rek. tp tetap msh bisa digunakan utk mlakukan transaksi online di luar negeri. Utk membuat dan memperpnjang VCC bsa mnggunakan jasa penyedia layanan VCC banyak tersedia di forum2 seperti kaskus, biayanya jg ckup murah ;D

  3. DonnyChandra says:

    Sorry agak melenceng, tp saya mau share recommended online shopping centre lokal (asli Indonesia) yg menurut saya sih wajib kita support sebagai org Indonesia.
    nama webnya alikolo.com dan sy sudah bebrapa kali belanja di situ mulai dari makanan, gadget, sampai home speaker. Semuanya ga ada masalah, cs nya fast response, pelayanannya juga ramah, terlebih harganya juga murah tanpa tipu-tipu diskon besar (sorry) sperti web lain tp nyatanya barang nya kosong.

    Semoga info ini membantu juga banyak yg support sama website lokal ini. terima kasih!

  4. taty aziz says:

    Saya beli barang dari ebay dng shipper royal mail (RM) Inggris. Wkt sy cek number trackingnya di web RM, item itu sudah sampai ke Indonesia tp kok gak jls sapa yg nerima gitu. Info RM : Your item has arrived in OFFICE UNKNOWN.. Waduh… gmn ini, bs kasih saya advice? Thanks sblmnya ya.

    • Coba cek rm kerja sama dengan kurir apa di indo, kalau dgn pt pos, datangin aja kantor pos nya. Kasi tau masalah ini juga dengan yg jual. Masalah pengiriman barang ke indo dari luar sering begini, makanya saya sendiri jg gk begitu berani kalo ke indo.

      • taty aziz says:

        Makasih gan advicenya. Saat saya email k RM, kayaknya RM hny mengakomodir utk keluhan yg dari England sj, soalny di form keluhan, hny tersedia kode pos utk area Englang sj. Saya akhirnya browsing sndr sana sini utk cari tau barang itu, sy dpt info dari kaskus kalo RM itu patneran dng EMS. Sy langsung telp EMS dn memang item saya ada pd mrk. Lucunya gan, pengecekan bea cukai dilakukan 2 kali, yakni di bandara soetta (saat barang masuk dr england) dan di bandara soepadio pontianak (saat barang dikirimkn ke kota saya). Apa ini artinya saya harus bayar handling 2 kali ya? Ampun…. betapa njlimetnya birokrasi kita nih…

  5. tomo says:

    Terimakasih sharing nya. Saya mau tanya untuk penghitungan cukai nya itu sepengalaman bro tunis itu seperti apa? Susahnya memang suka tidak transparan ketentuannya.

    • setahu saya, perhitungan cukai itu tergantung harga dan jenis barang. kalau saya beli barang2 kecil yang murah, jadinya belum pernah kena cukai 🙂

  6. vicgantz says:

    maap mo nanya, saya udah ada akun paypal dan ebay,cc juga ada,tapi saya masih bingung itu penghitungan harga yang harus kita bayar berapa, contoh saya mau beli mainan seharga $100, shippingnya ditulis $50, import charge$50
    berarti saya harus bayar 100+50+50= $200 ?
    ada tambahan lagi ga? soalnya disitu ditulis tidak ada tambahan biaya saat pengiriman, karena barang dalam program pengiriman internasional,kalo ga salah, soalnya pake bahasa inggris, cukai itu import charges kan? atau beda lagi?

    • mau nanya gk usah minta maaf gan, nanya ya nanya aja 🙂
      untuk kasus diatas, seharusnya tidak ada lagi, karena semuanya sudah include. tapi emang kadang kurir lokal suka minta tambahan. import charge sama cukai setahu saya sama saja, itu berlaku untuk barang mewah atau mahal. kalau belinya cuma barang2 kecil, biasanya gk diminta pun.

  7. Yance says:

    Kalo saya lagi nyoba weshop.co.id ni, kiriman barangnya bisa sampe 30 hari dari ebay juga … bilangnya uang yang kita transfer udah total biaya semuanya. tanpa biaya kepabeanan

  8. Rara says:

    Kalo belanja di ebay tapi transaksi selain paypal kayak visa dll lbh aman mana ya?
    Soalnya aku pengen bgt belanja di ebay. Thankyou:)

      • Rara says:

        Gimana caranya? Aku coba check out di ebay trs suruh login ke paypal kan tapi suruh nulis no. Kartu kredit padahal gak punya kartu kredit..
        Bisa dibantu gimana caranya?

      • Oh ya, untuk di indo, paypal terkoneksi langsung dengan credit card, jadi kalau blm punya cc ya blm bisa. Kebetulan saya udah punya akun paypal sejak lama, dan saat itu blm wajib punya kartu kredit 🙂

    • Erik says:

      Paypal. Paypal bersifat sebagai penegah bagi penjual dan pembeli. Jadi apabila ada masalah bisa diadukan ke paypal dan bisa request refund.

  9. FAJAR MAUALANA says:

    Gan mau tanya lagi di ebay kan ada produk free shipping ( bebas ongkir ). Apa nanti kita bayar setelah barang diterima.

  10. adel says:

    gan mau tanya, pas mau ngisi bid gitu, kok tiba2 bilangnya kita ga bisa isi bid itu ya? ada solusi? bid saya udah di selak orang. sedih :’)

  11. Yannie Tha says:

    Hi.. saya pertama kali maw coba belanja di ebay… saya uda pilih bbrp barang kira2 dr 5 seller yang berbeda,, apakah barang yg akan sampai nanti jg 5x pengantaran dr masing2 seller?? Dan apakah bila 5kali tersebut saya akan ditagih ongkir dr kurir indo?? Walopun freeshipping,, kira2 berapa yg kurir indo akan tagih apabila barang kecil hanya skitar 1-3$dollar saja?
    Terima kasih infonya…

    • Hi juga Yannie, Kalau dari seller yang berbeda, barangnya juga tiba dalam waktu berbeda. kalau free ongkir seharusnya tidak ditagih lagi sama kurir indo, apalagi kalau cuma barang kecil. terima kasih juga suah berkunjung.

  12. adi js says:

    Kebetulan saya kerja dikantorpos di bg kiriman LN, tarif pabean/bea masuk sdh ditentukan oleh menkeu, http://www.tarif.depkeu.go.id/Tarif/HS9Default.asp?menu=info silahkn di cek, knp barang diperiksa 2x, pertama x-ray pertama di soetta, memastikan barang bukan kiriman terlarang sblm diteruskan ke kota tujuan, ke dua, di kantor pemeriksa pabean, kantor pos hanya menarik biaya 7rb, 3rb untuk BBU (biaya bungkus ulang), dan 4rb biaya BLB (biaya lalu bea) tidak lebih. Kiriman yang dibawah $50 tidak,dikenakan bea masuk. Anda bisa datang ke kantorpos dengan membawa no resi pengiriman. Atau cek di http://www.posindonesia.co.id . Mudahan dapat membantu.

    • AD aja says:

      Iya betul sekali kang… Namun yg jadi permasalahan barang kiriman tersebut lama sekali untuk sampai di alamat penerima…. Apakah karena biaya yang sangat murah sehingga pelayanannya terkesan lambat dan ogah ogah an… Maaf ini yg terjadi dilapangan

  13. adi js says:

    Klo masalah lama itu tergantung case mas, jadi kiriman luar negeri biasa ada 4 macam, pertama EMS, Paket LN, R (tercatat) dan BKS (bungkusan) dan waktu tempuhnya beda-beda tergantung jarak dan jenis kiriman tentu nya. Klo saya jelaskan disini buanyaakkk betul, hihihhi,, apa sih ciri nya dari 4 kiriman di atas, klo EMS, resi kiriman di awali huruf E, waktu penanganan 2-5hari tidak termasuk pemeriksaan bea cukai (ini setibanya di indonesia), paket LN (paket laut) jelas lama, 30hri-90 hri dri negara asal, soalnya,dikirim via laut. Klo R (tercatat) resi awalan huruf R, wktu penanganan 6-10hari. Diusahakan setiap mendapat kiriman dari luar negeri/ belanja selalu mintakan no pengiriman, dan lacak di ems.posindonesia.co.id tambahan ems.posindonesia.co.id/custom.html untuk cek harga bea masuk. Klo mau silahkan email ke saya, sebisa saya, saya bantu. Mohon maaf jika keliru.

    • hendra says:

      mumpung ada mas adi js, mau tanya nih. kalo beli elektronik bekas misal HP gitu bisa komplit sm dos booknya / batangan aja / malah termasuk barang terlarang yg gabole masuk indo?
      kepengen beli tp takut barang gk sampai alamat. 😐

  14. ade rachman says:

    Mau tanya dong gan. Misal dollar sekarang 12.500 dari BCA, nanti si ebay akan memberlakukan rate dollar berapa ya untuk pembayaran menggunakan CC??
    Terlebih sekarang eBay pas dibuka dan terdetect lokasi kita di Indonesia. Udah ada harga in Rp tuh, apa bisa pakai harga itu?

    • kalau harganya udah dalam rupiah, seharusnya seharga itu juga di charge oleh penjual ebay, kecuali ada kebijakan lain dr bank penerbit kartu kredit.

  15. hendra says:

    mumpung ada mas adi js, mau tanya nih. kalo beli elektronik bekas misal HP gitu bisa komplit sm dos booknya / batangan aja / malah termasuk barang terlarang yg gabole masuk indo?
    kepengen beli tp takut barang gk sampai alamat. 😐

    • mana mas adi? belum muncul ya? :).

      kayaknya yang gak boleh juga gak akan mau dikirim sama yang jualan lah mas, jadi tanya saja sam penjualnya. barangnya bisa di kirim ke indo, dan saran saya pakai delivery yg bisa di cek progres pengiriman barangnya. kalau yg murah takutnya ya gk sampe.. semoga membantu ya 🙂

  16. ahmad says:

    bro tunis…kita taunya drmana kalo uang kita sudah di bayarkan ke pembeli?cos pake paypal dg cc BC* tp sy lihat status tagihan ngga ada…sementara di ebay barang sy sudah tertulis paid…trus kalo mau komplain kalo barang tdk terkirim gimana caranya?tks

    • Bro ahmad, setahu saya, untuk payment pakai CC biasanya butuh waktu sehingga notifikasi muncul, beda2 sih tergantung bank nya, jadi ditunggu saja. Kalau barangnya gk sampai setelah batas waktu yg ditentukan, bisa langsung hubungi penjualnya. kalau mereka tidak respon, langsung hubungi pihak ebay, karena transaksi di ebay di awasi sama ebay langsung, jadi jangan takut kalau barang tak sampai. semoga membantu.

  17. agus says:

    saya ingin membeli sparpart mobil harganya lumayan lebih murah dan jaminan asli di ebay, tapi saya masih belom tau model pembayaran, paypal, ada namun belom verikasi CC, nah CC yg suport ebay itu apaan di indonesia.
    atau bang Tunis mau bantu ane hihi

    • Itu kan ada pak website yang bisa bantu bapak untuk pembayaran barang yang bapak beli, bapak tinggal baca aja di web mereka. semoga membantu 🙂

  18. Hokage says:

    saya baru pertama kali belanja online di ebay, prosesnya cepet yah klo pake paypal, mudah2an barangnya sampai tanpa ada kendala. Btw, barang yang saya beli itu jenis meteor, crystal, dan pendant batu sih, masing2 harganya ga sampe 50 dolar, n dari berbagai seller (laper mata liat harga yg lebih murah dari indo), kira2 dikenai biaya tambahan ga yah ?

  19. Batara says:

    wah klo blm punya dan pengen beli… bisa juga gak om bantuin bayar… yang pasti gw transfer dluan ke om Tunis hahaha…
    dan kayaknya jangan beli yang diatas 50 dollar.. biar gak dimainin orang cukai kita

      • jali says:

        salam kenal gan ijin gabung,ane kebetulan ane tinggal di banda aceh,kalo agan tinggal di aceh ntik ngobrol di warkop ja gan ..:D.kebetulan kawan ane lagi cari laptop,di liat di ebay murah -murah tapi kebenyakan gak ship ke indo,sekalinya ada shippingnya 1,5 juta..:P.nah tuk blinya bisa pake jasa apa gan biar aman,ane tanyak di kaskus kebanyakan gak bisa kalo tuk beli laptop,terus yg gak ship ke indo apa bisa dibantu pengirimannya pakai jasa siapa gan?sekian trims

  20. Yang sy masih ragu masalah pengirimannya mas 🙂 jangankan barang surat aja suka nyangkut di rumah RT & denger2 katanya pas masuk nanti kena pajak lagi yah, bener ga?

    • Masalah pajak sudah dibahas diatas, coba liat :), kalau masalah pengiriman dari luar, emang masih ada beberapa kasus dimana barangnya hilang, jadi sarannya ya pakai paket pengiriman premium yang bisa dilacak, jangan yg murah atau gratisan 🙂

      • Erik says:

        Setuju, DHL saya lebih rekomendasikan daripada FedEx. Bisa diinstruksikan sellernya buat kirim lewat agen pos tertentu

  21. samira says:

    saya pemula ni. tapi setau saya barang2 ga mewah yang nyampe indo kena pajak cint. itu sodara saya cuman beli bonek aja ngurus cukai juga. lha yang tadinya murah jadi mahal karena ongkos ribet dll nya

  22. dian says:

    barang di ebay itu untk barang kosmetiknya asli apa palsu sih… yang udah pernah beli di ebay untuk kosmetiknya mohon di share dong infonya …n kalo di liat lagi ko gak ada nama merk nya yag

    • cek aja dulu di keterangannya, asli atau palsu. Biasanya penjual di ebay sangat jujur, karena kalau tidak, mereka bisa di banned sama ebay.

  23. michelle says:

    misi mau tanya. kalo belanja di ebay trus belum ada tracking available gimana? pdhl sellernya udah bilang diship. misalkan mau minta balikin uang ke paypal gimana caranya? trims

  24. biscuit says:

    saya baru bikin akun paypal trus disuruh verifikasi pake CC. berhubung saya ga punya.. saya biarin aja ga di verif. kemudian saya belanja di ebay. lalu ada pilihan login paypal. saya lalu ngakalin pake VCN . dan berhasil ga pake ribet. dan lebih aman sih menurut saya. krn sistem VCN yg tidak memberikan nomor seri asli kita dan angkanya akan terus berubah2. bagi yang ga punya CC boleh coba praktekan cara saya 😉

  25. pramudya says:

    Saya baru pertama kali belanja di ebay. Sy beli baju dari hongkong, sy liat feedback nya itu 98% positif dari ratusan org. Sy beli tgl 5 mei. Tp sampai sekarang belum sampai. Mungkin karena waktu itu saya pilih free shipping ? Padahal tulisannya est delivery before 18june. Kurir nya USPS . Tracking number nya gak bisa di lacak kalau belum sampai indo ya ?

    • itulah resiko kalo pilih free shipment, apalagi kalau gk bisa dilacak. cara satu2nya coba hubungi penjual, mungkin mereka bisa nge-track.. semoga barangnya udah tiba sekarang 🙂

      • mocha says:

        saya baru aja gila belanja batu akik.. mudah2 an sampe ke indo baik baik aja.. saya takut di ambil sama oknum kantor pos.. soalnya ada pembungkusan ulang itu yg bikin hati ane cenut2.. dr keterangan shipping sampe tgl 11 agustus..

        soal pemilihan shipping… masalahnya kita gak bisa milih shipping yg berbayar gan.. pilihannya cuma free shipping gt.. yapa klo kayak gt gan.. nanti ane mau nunggu sampe tgl itu.. klo sip.. nanti ane kabarin di web ini lg

  26. rainbow says:

    Saya mau pesen makeup, sellernya di ebay lokasi di Thailand. Saya ragu untuk pesen atau tdk karena takut barangnya ga kekirim dan ada biaya tambahan. Di web tertulis shipping $3 (40rb), tapi sy gak yakin akan di charge segitu. Ada masukan mungkin kira2 bagaimana?

  27. Hara says:

    Agan2 mohon bantuan. Saya belanja di ebay. Status sudah paid tapi barang belum dikirim( tidak ada tracking id nya).
    Apakah nanti uang otomatis di kembalikan ke account paypal saya, atu saya harus meng hubungi cs ebay dulu supaya uang saya dibalikin?

  28. nessia says:

    haloo,mau nanya doong
    1. aku nyoba buat beli film kamera nah itu katanya free shipping dan katanya eligible to ship to Indonesia,tpi ketika mau check ou buat finish belanja ktnya some items gk bs dikirim ke indonesia,itu knp yaa kak
    2.produk yg aku mau beli tadi seharga >$35 katanya klo >$35 kan.free shipping (total $44) tp pas aku liat rincian belanjanya di kedua item.yg aku beli ada rincian tambah2 gtuu kak,yg bner yg udah ditotal itu atau di rincian per barangnya ya kak?soalnya kalo di rincian per barang total gedee banget buat shippinh padahal katanya free shipping
    terima kasih banyak ilmunya:)

  29. Hello para community,

    Saya ingin berbagi pengalaman berbelanja di Ebay dengan nama penjualnya “Impperion Inc” dimana toko tersebut lokasinya di USA, ini pengalaman yang paling pahit dimana cincin yang diiklankan ada sertifikatnya yang kemudian saya beli sangat berbeda dengan aslinya, otomatis saya complain dan saya kirim kembali kepada penjualnya melalui EMS dengan 2 bungkus paket ( sertifikat & cincin ) karena ukuran sertifikatnya lumayan panjang, yang sangat mengherankan adalah paket untuk sertifikatnya diterima dengan baik ( hanya 4 hari sampai negara tujuan ), akan tetapi paket untuk cincinnya dinyatakan “alamat tidak jelas” padahal dengan jelas-jelas saya cantumkan juga nomor telepon tokonya dan yang paling mengherankan paket tersebut direject dan dikirim kembali kepada saya, si penjual sudah beberapa kali saya kirim email pemberitahuannya tetapi dengan sengajanya tidak merespon email tersebut, hanya setelah paket tersebut diterima kembali oleh saya, baru mereka jawab emailnya kalau mereka tidak bisa melacak pengiriman tersebut, coba community bisa membayangkan bagaimana dengan sengajanya si toko tersebut berusaha menghindar agar mereka tidak perlu refund kembali uang saya, bagaimana dengan sertifikat original yang sudah ditangan mereka, tidak ada update email setelah itu dan yang paling mengherankan lagi, seiring waktu saya kirim complain ke Ebay kebagian resolution center, dengan gampangnya si customer service bilang, hasil penyelidikan mereka menyatakan bahwa kesalahan tersebut muncul karena alamat tidak lengkap dan kasusnya dinyatakan ditutup tanpa solusi. Kok bisa, 1 paket untuk original sertifikatnya diterima dengan baik dan paketnya lainnya ditolak dan dikembalikan kenegara asal.

    Semoga tulisan ini bisa bermanfaat untuk para community karena dengan sangat jelas Ebay akan selalu proteksi para penjualnya dan ingat, berhati-hati dengan penjual yang nama tokonya ” IMPERRION” orang bule selalu egois dan jangan terjebak dengan feedback 100% untuk toko-toko di Ebay karena sudah beberapa kali belanja tetapi produknya jelek dan saya kirim kembali ketoko tersebut dan penjualnya memelas meminta kita leave feedback yang positif, tidak ada jaminan yang pasti berbelanja di EBAY.

    • Terima kasih mas atas ceritanya, bagusnya ebay punya proteksi yang bagus gitu ya? apalagi kalau belanja pakai paypal, gak perlu khawatir, krn bisa minta balik uangnya kalau barang gak sesuai deskripsi.

  30. amanda says:

    mau tanya. kalau beli dari web usa itu nulis alamat nya pake bahasa indonesia atau inggris ya?
    kan kalo beli dari olshop indo biasanya nulis alamat nya kaya gini:
    JL. xxx
    blok. xx
    no. xx
    RT/RW: xx/xx
    kelurahan: xxx
    kecamatan: xxx
    provinsi: DKI jakarta
    kota: jakarta utara
    kode pos: xxx

    jadi, kalo beli dari web luar format alamat nya kayak gimana? makasih sebelum nya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s