BBQ ala Indonesia di Berlin

image

Sebelum ke Eropa, saya belum pernah mendengar kata kata barbeqeu atau disingkat BBQ. Waktu di Belanda dulu, ada kawan mengajak untuk BBQ di rumahnya, cuma karena tidak tahu apa itu BBQ, akhirnya saya menolak ajakannya dengan halus. Saat itu saya kira BBQ itu semacam pesta gimana gitu. Pulang ke rumah, saya mencari di internet, rupanya BBQ itu tidak lebih dari acara bakar bakar daging untuk disantap. Kalau ini mah kami sudah rutin melakukan bakar ikan sejak masih kuliah dulu.

Tinggal di Berlin, kesempatan untuk bakar bakar jauh lebih banyak dibandingkan dengan saat tinggal di Maastricht dulu. Di Masstricht, mahasiswa Indonesianya bisa dihitung jari, belum lagi waktunya rada sempit, secara setiap weekend saya lebih memilih untuk jalan jalan dibandingkan tinggal di Kota.

image

Di Berlin, warga Indonesia cukup ramai, sehingga kegiatan sosial dalam bentuk bakar bakar ini pun lebih mudah di laksanakan. Jika hari biasa kami disibukkan dengan pekerjaan atau kuliah, weekend adalah waktu untuk berkumpul dan “makan makan”.

Acara bakar bakar ini juga bisa kami lakukan di beberapa tempat, biasanya di taman dekat rumah, yang memang jumlahnya cukup banyak di Berlin.

Jika di Aceh kami sering bakar ikan, baik tongkol, gurami atau ikan karang, di Berlin yang kami bakar adalah sosis dan daging. Ikan adalah barang mahal disini. Arangpun sangat mudah didapat di Berlin, karena dijual hampir disemua  supermarket seperti Lidl, Aldi, atau Real. Sedangkan di Aceh, kami harus keliling ke kios kios untuk minta batok kelapa yang sudah di kukus untuk dibakar dan diambil arangnya, untuknya yang ini gratis, sedangkan arang Jerman harus Bayar.

Gara gara nulis ini, jadi ingin panggang ikan lagi lah. 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s