Kata-Kata Bijak Kang Maman ILK: Liburan Telah Tiba

Ini juga salah satu episode favorit saya, karena memang bicara tentang liburan dan saya emang penggemar liburan :). Berikut petikan kata bijak kang maman sebagai no tulen di akhir acara ILK edisi 6 Juni 2014: Liburan telah tiba.

“Filsuf jerman immanuel kahn mengatakan “kehidupan sehari hari seperti sekumpulang orang yang berlomba lari untuk menjadi yang tercepat, menjadi yang terhebat dalam menguasai ilmu, bekerja untuk meraih kuasa setinggi tingginya dan kekayaan dengan sebanyak banyaknya, lalu melahapnya dengan rakus, termasuk membelanjakannya, membeli simbol kesuksesan, tak peduli orang sekeliling iri atau dengki. Jika tak ada jeda, bisa membuat seseorang tercerabut dari akar kemanusiaanya, dan jadi tak bermakna dimata orang lain, karena hanya menjadi budak nafsu serakahnya.

Karena itu libur dibutukan, sebagaimana makna leisure atau plesir menurut orang indonesia yang berarti meluangkan diri, rileks agar jiwa bebas dan bisa menikmati waktu. Teringat kalimat Bruce Lee, legendaris kung fu “kosongkan cangkirmu agar ia bisa diisi lagi, dengan kembali menjadi ruang kosong, kita bisa mencapai kesempurnaan.

Kehidupan seharian yang terus memacu dan memicu otak dan jantung, memang ibarat orang yang gelasnya terus diisi, hingga meluber dan airnya kemana mana, dan kondisi seperti itu akan membuat seseorang menjadi tidak peduli kepada orang lain dan ia hanya melihat egonya sendiri sehingga tidak lagi mau menikmati kebijakan dan kebajikan dari sekelilingnya.

Libur mengajarkan kita untuk membebaskan jiwa, mengosongkan cangkir kehidupan. Dengan cangkir kosong ditangan , kita akan kembali menjadi rendah hati, dan rendah hati adalah awal pembelajaran. seperti lirik lagu “hard to say I am sorry dari chichago,”bahkan kedua orang yang saling mencinta, perlu berlibur untuk mengambil jarak satu sama lain, agar cinta tak menjadi rutinitas belaka, sekedar menjalankan kewajiban tanpa makna.

Sekali lagi selamat berlibur,

Didalam holiday ada kata holy, berhentilah sejelak dari rutinitas hidup, agar kembali ke kesucian jiwa.

Mantap sangat kan? 🙂

Episode libur telah tiba 6 juni 2014

Kumpulan kata-kata bijak Kang Maman ILK bisa dibaca disini: Kumpulan kata bijak kang maman ILK

Baca juga: Kata bijak kang maman ILK: Long Distance Relationship

Kisah nyata suami yang sangat setia bisa baca disni: Kisah Cerita Suami Setia

Advertisements

5 thoughts on “Kata-Kata Bijak Kang Maman ILK: Liburan Telah Tiba

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s