Buku: Tanya Jawab Seputar Gangguan Jiwa

Beberapa hari ini sibuk ngerjain buku mini Tanya Jawab  seputar gangguan jiwa. Pertanyaan pertanyaan dalam buku ini benar benar dari pasien, keluarga, perawat hingga dokter yang bekerja di puskesmas. Jawaban yang diberikan juga sesingkat dan semudah mungkin dapat dipahami karena nantinya buku ini lebih ditujukan kepada orang awam yang kurang mengerti tentang masalah kesehatan jiwa.

Berikut beberapa contoh pertanyaan yang sudah terjawab:

  • Apakah sakit saya bisa kambuh (sakit lagi)?

Jika anda putus obat, memakai narkoba, atau makan makanan yang tidak diperbolehkan oleh dokter, maka anda akan beresiko untuk kambuh lagi.

  • Kenapa saya cepat kali cemas, apakah cemas gangguan jiwa?

Cemas tanpa sebab merupakan salah satu jenis gangguan jiwa. Sering juga orang cemas ini diserta dengan jantung berdebar, sesak nafas, pucat, dan sebagainya. Jika anda sering mengalami kecemasan, maka anda harus segera berobat.

  • Apakah orang yang menderita sakit jiwa bisa menurunkan penyakitnya pada anaknya?

Bisa, anak yang orang tuanya punya gangguan jiwa lebih beresiko mengalami gangguan jiwa dibandingkan anak yang orang tuanya normal.

  • Kenapa saya sering sesak napas kalau saya sedang banyak pikiran/takut?

Sesak nafas merupakan salah satu tanda bahwa anda sedang mengalami gangguan kecemasan. Gangguan kecemasan merupakan salah satu jenis gangguan jiwa.

  • Apakah ginjal saya tidak rusak kalu setiap hari saya harus minum obat jiwa?

Penggunaan obat gangguan jiwa memang bisa mempengaruhi fungsi ginjal, tetapi tidak minum obat sama sekali akan beresiko merusak seluruh tubuh anda karena ketiadaan zat yang bisa mengontrol pikiran dan perilaku anda.

  • Kenapa ada orang yang bisik-bisik di telinga saya?

Dalam ilmu medis, suara bisikan yang anda dengar disebut halusinasi. Bisikan ini tidak nyata dan hanya didengar oleh penderita gangguan jiwa. Penjelasan mengenai halusinasi bisa dibaca pada soal nomor xx.

 

Anda juga punya pertanyaan sekitar gangguan jiwa yang belum anda temukan jawabannya? jika punya, sila kirim pertanyaan tersebut ke admin@situnis.com, dengan judul email “pertanyaan keswa”. Insya Allah akan kami jawab semampu kami dan jika layak aka dimasukkan dalam buku ini 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s