Office Untuk Ipad Yang Mengecewakan

Meski baru dirilis pada kamis (27/3/2014) lalu dan katanya langsung mendapatkan respon positif dari para fanboys apple, tapi sebenarnya tidak lebih baik dibandingkan aplikasi serupa yang sudah ada di apps store. Dan yang paling penting tidak “gratis” seperti yang dilabelkan  pada applikasi buatan microsoft tersebut.

Photo0009

Pengalaman pribadi saya, saat mengetahui bahwa Microsoft akhirnya merilis office untuk ipad, saya langsung membuka apps strore dan menginstall di ipad mini. Ketiga aplikasi baru tersebut; word, power point dan excel, yang biasanya  saya pakai sehari hari, rupanya tidak segratis seperti yang dijanjikan. Memang kata kata “free” tertulis disana, tapi ketika dijalankan, hanya bisa dipakai untuk membuka dokumen, tidak bisa untuk mengedit atau membuat dokumen atau presentasi baru, untuk bisa mengedit ini, kita diminta untuk mengaktivasi dengan cara membayar, wah, kalau ini namanya pembohongan publik.

Kecewa dengan ketiga aplikasi tersebut, langsung saya uninstall lagi, demi menghemat memori ipad hingga lebih dari satu giga untuk ketiga aplikasi office ini. Saya kembali memakai kingsoft office yang benar benar gratis dengan spesifikasi dan fungsi relative sama dengan office keluaran Microsoft ini.

Buat saya yang penting bukan merek yang terkenal, tetapi fungsi dari program itu sendiri. Saya lebih memilih menggunakan aplikasi yang dibuat start up “yesterday afternoon” tapi fungsinya bagus dibandingkan harus membeli aplikasi mahal buatan pabrikan besar yang menghabiskan banyak uang untuk biaya promosi.

Bagaiman dengan anda?

Leave a Reply

