Asam Urat: Penyakit orang kaya

“Suddenly suffering with the rich man’s disease”, begitulah status yang saya tulis di facebook kemarin sore, setelah rasa nyeri akut menyerang sendi pangkal jempol kaki saya. Meski inilah kali pertama saya menderita penyakit ini, tidak butuh waktu lama untuk menentukan nama diagnosa penyakitnya, selain memang kami punya riwayat keluarga, gejala serangan akutnya juga khas: menyerang sendi di extremitas bawah, terjadi pembengkakan, kemerahan suhu naik dan nyeri yang sangat.

The Gout by James Gillray. Published May 14th 1799. sumber wikipedia

The Gout by James Gillray. Published May 14th 1799. sumber wikipedia

Kalau dua jam sebelumnya saya bisa berjalan normal, setelah serangan nyeri ini, praktis saya susah untuk berjalan, atau jalannya sudah mulai terpincang pincang. Alhadil mobilisasi saya mulai terbatas karena rasa nyeri hebat ini.

Gout atritis, begitulah nama medis untuk penyakit yang sering orang awam sebut dengan asam urat. Benar memang karena jika darah diperiksa, maka kadar uric acid nya meningkat lebih dari batas normal

Secara statistik katanya penyakit ini diderita oleh sekitar 2% dari populasi, yang berarti selain saya dan seorang lagi yang saya tak kenal, 98 orang lain terbebas dari penyakit yang sudah ada sejak2500 tahun silam. Namun data 2% ini adalah pada masyarakat barat, sedang di Indonesia umunya atau di Aceh khususnya, saya yakin angkanya lebih tinggi.

Penyakit ini 12% disebabkan oleh perubahan gaya hidup yang tidak sehat, termasuk didalamnya pola makan yang tidak teratur. Gaya hidup sedentari terjadi saat seseorang kurang bergerak, kurang olah raga, hanya duduk duduk saja dan sebagainya. Pola makan yang asal masuk, banyak lemak tidak sehat dsb juga menjadi pendukung munculnya penyakit ini. Sedangkan 60% lagi disebabkan oleh faktor keluarga atau keturunan. Sama seperti kasus saya dimana memang ada keluarga kami yang menderita penyakit ini, jadi tidak heran dan tidak mengejutkan saat saya diserang si penyakit kemarin sore.

Untuk pengobatan, sebaiknya konsultasikan ke dokter, jika serangan nyeri tiba-tiba, misal tengah malam, bisa minum obat anti nyeri seperti paracetamol, asam mefenamat dsb, sedang untuk obat goutnya haru ke dokter. Tanpa pengobatan, serangan sakit  ini akan berkurang dengan sendirinya setelah 7 hari. Dengan pengobatan biasanya akan lebih cepat serta prognosisnya lebih baik.

Oh ya, penyakit ini dikenal juga sebagai penyakit orang kaya atau penyakit para raja karena memang sejak didokumentasikan pertama kali di mesir kuno tahun 2500 sebelum masehi, juga pada zaman hipokrates (400 SM), penyakit ini lebih sering menyerang orang kaya atau para raja yang memang banyak uang. Alasannya mungkin bisa dihubungkan dengan kebiasaan makan para orang kaya saat itu yang tidak jauh berbeda dengan pola makan orang kita saat ini, apalagi dimusim maulid atau musim orang nikahan seperti beberapa bulan terakhir ini.

Nah, kalau sudah nyeri seperti ini, rasanya saya tidak mau jadi orang kaya, mending jadi orang biasa saja yang penting bahagia dan tidak banyak sakitnya.

Advertisements

2 thoughts on “Asam Urat: Penyakit orang kaya

  1. Lebih baik menjaga kondisi ya Bang, daripada harus sakit semua sendi-sendi. Kemarin Azhar baru terkena serangan semacam gout itu juga, mau kemana-mana juga sulit. Artikelnya bermanfaat,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s