Windows 8.1 Diserang Virus

Saya menyerah, 2 x 24 jam lebih waktu sudah saya habiskan untuk mengusir virus yang menyerang laptop saya, berbagai cara sudah coba saya coba, tetap saja si virus tidak mau pergi jauh dari laptop hitam ini.

Awalnya biasa saja, tak ada kelainan sama sekali, hanya setelah saya masukkan sebuah flash disk dan saya tinggalkan sebentar, kemudian muncul notifikasi yang meminta izin saya untuk restart karena katanya ada error di windowsnya dan butuh restrart untuk perbaikan. Karena memang sering seperti ini, maka saya OK kan saja.

Dan setelah laptop kembali menyala, tampilannya juga seperti biasa, namun ketika saya hendak membuka program microsoft word untuk melanjutkan mengetik, rupanya program ini tidak bisa dibuka dan selalu muncul notifikasi error setelah saya klik dokument Ms word tadi. saya coba buka program lain dan juga tidak bisa dibuka, yang muncul hanya notofikasi error, dan dulitnya lagi notifikasi ini tidak bisa di matikan, tetapi program yang dibuka sebelumnya (misal ms word) harus di end process dulu via task manager.

Saya tetap coba membuka program lain dan tak satupun berhasil, walau terkonnek ke internet, browser juga tak satupun bisa dibuka, selalu yang muncul adalah notifikasi error tadi. karena curiga ini adalah virus, maka saya coba buka windows defender, tapi anehnya program ini juga tak bisa dibuka, program program lain yang berakhir .exe tak satupun bisa dibuka. saya menyerah.

Baca sana sini, akhirnya ada yang menyarankan untuk pakai CD rescue sistem yang ditawarkan oleh beberapa antivirus seperti AVG, kaspersky, atau avira, dimana semua program itu harus saya install ke dalam flash disk dan dijadikan CD Booting. sayangnya setelah berjam jam menunggu, termasuk pada harapan terakhir saya pada kaspersky yang memang tampilan scanningnya paling menjanjikan, rupanya tetap tidak ada virus yang terdeteksi. hmmm…

Barusan saya update windows 8.1 nya dan berjalan secara lancar, tapi saat windows defender nya saya buka (yang termasuk dalam updatetan) tetap saja tidak bisa jalan. saya coba restore tapi juga tidak mau, katanya memory sebelumnya tidak terdeteksi.

Selanjutnya saya coba cek status windows 8 saya dan kagetnya disana muncul activation ID nya tidak ada (not available) atau dianggap belum terdaftar, padahal saya yakin bahwa windows ini asli alias bukan bajakan.

Saya coba identifikasi keaslian windows 8 ini dan ada petunjuk kemunkinan masa pakainya sudah expired? untuk diketahui, windows 8 ini merupakan versi upgrade dari windows 7 yang merukan bawaan saat beli laptop sekitar 2 tahun yang lalu. windows 8 saya dapat di web kampus yang memang diberikan secara cuma cuma, tapi saya tidak tahu sampai kapan windows ini bisa dipakai.

Nah, kecurigaan saya saat ini adalah bahwa windows ini sudah habis masa pakainya dan sudah di inaktivate oleh microsoft sendiri, tapi seingat saya dulu pernah saya baca kalau ini software bisa dipakai selamanya? atau hanya saat berstatus mahasiswa di Uni yang dimaksud saja, atau dalam jangka waktu tertentu saja? Saya bingung.

Kalau harus install ulang, saya masih punya OS nya, tapi bagaimana dengan software yang sudah saya instal? khususnya software yang sudah saya beli lisensinya seperti STATA? apa diperbolehkan untuk ganti-ganti? padahal lisensi ini hanya untuk sekali pakai? saya tambah bingung.

Kalau ada yang punya pengalaman atau mengerti tentang masalah ini, mohon masukannya, buat saya 2 x 24 jam sudah lebih dari cukup untuk mempelajari semua ini, secara saya bukan ahli IT dan kerjaan yang harus saya lakukan sudah menumpuk dari 3 hari yang lalu.

oh ya, setelah update tadi, kini laptop sudah tidak bisa dibuka lagi, yang muncul selau auto repair dan belum juga berhasil, ketika coba restore sekarang malah muncul yang seperti ini.

notifikasi yang seperti ini selalu muncul saat hendak membuka program atau file

notifikasi yang seperti ini selalu muncul saat hendak membuka program atau file

Nah, apakah memang bermasalah karena diserang virus? habis masa aktiv dan udah di shut down dari sononya oleh microsoft? atau ada kendala lain? dan apa yang harus saya lakukan untuk saat ini? beruntung seluruh file yang ada di laptop sudah duluan saya selamatkan.

Mohon pencerahannya.

6 thoughts on “Windows 8.1 Diserang Virus

  1. Curiga saya jg pada virus..
    sebaiknya di install ulang aja..

    mengenai lisensi software yang di beli.
    apakah dulu, setelah install, Tunis ada register ke website resminya..?

    biasanya, setiap woftware berlisensi, akan mencatat mac address laptop,
    dan akan dikirimkan secara online ke database pembuat software ketika kita register online.
    Jadi, jika nanti akan install ulang, software akan mencari record mac address laptop kita di databasenya, jika cocok, maka cucoklah mereka.. 🙂

    CMIIW

    • Iya, saya juga curiga begitu, secara ini parah sekali sudah.
      kalo software berlisensi selalu saya daftarkan, jadi saya rasa tidak terlalu bermasalah. Tapi untuk install ulangnya itu dan install software2 yang biasa dipakai yang butuh waktu, selain itu internet juga lelet sangat.

      terima kasih atas pencerahannya 🙂

  2. ricky says:

    pak, saya kasih sedikit masukan ya? kalo memang itu virus,sebaiknya install ulang saja,kalo software berlisensi tadi,coba nanya google bisa gak aktivasi 2 kali!!! kalo masalahnya udah sampai kek gitu sih harusnya mesti install ulang!!! gak sulit koq sob. setelah itu harap install antivirus pihak ketiga kek avg,avast,kaspersky,Avira
    jangan pakai windows defender soalnya kagak kuat nahan virus!!! gua udah nyoba dan memang windows defender tidak pernah lulus uji test av test ( http://www.av-test.org). selamat berjuang bro memerangi virus hehehehe!!!

    • Makasih sarannya bro ricky, iya akhirnya saya install ulang dan sekarang udah berjalan normal seperti sebelumnya.
      oh, rupanya masih harus install antivirus lagi ya? kira2 yang ringan `dan free diantara ketiga itu mana ya?
      makasih atas sarannya 🙂

  3. Anto says:

    Slmat pagi buat Bapak Tunis, sy sarankan aja beralih ke sistem operasi terbuka misalx beralih ke sistem operasi linux, bapak akan merdeka dari lisensi dan banayk manfaat lain seperti, jauh lebih aman dari antivirus, updatex berkala, sistem keamanan yang ketat itu yang membuat virus, trojan, spam, trojan, adwae, atau malware serta teman2nya tdk bisa berbuat apa2…

Leave a Reply

