Jangan ke Aceh! Tidak Aman

“Sorry Bruder, I really want to go there, but my dad tidak izin saya ke Aceh”, begitulah SMS yang kuterima dari seorang sahabat yang berasal dari Eropa. Saat itu dia sudah di Jakarta dan sudah sangat ingin berkunjung ke tempat aku berasal. Saat kami masih sama-sama belajar di Belanda, dia beberapa kali mengungkapkan kepadaku kalau dia ke Indonesia, dia pasti mau berkunjung ke Aceh.

SONY DSCKasus diatas terjadi tahun 2009 silam, saat aku tanya apa alasan orang tuanya tidak mengizinkan, katanya ada beberapa orang di Jakarta menyarankan agar tidak berkunjung ke Aceh karena Aceh tidak aman, terlalu religius, tidak ramah dengan orang asing dan sebagainya. Sebagai gantinya, mereka menyarankan kawanku tersebut ke Bali atau ke provinsi lain di Indonesia, asal jangan ke Aceh. Mendengar jawaban tersebut, ingin ku banting hape di tanganku, tapi karena hapenya pinjam punya kawan, tidak jadi karena gak sanggup ganti. 🙂

Mencoba berfikir positif, aku menelaah alasan yang dibuat tersebut? apa benar Aceh tidak aman? padahal itu tahun 2009? apa benar Aceh terlalu religius dan tidak ramah? aku malah baru mendengar kata-kata ini. Sungguh sayang, stigma yang dibuat oleh mereka yang tidak bertanggung jawab, membuat banyak orang yang ingin berkunjung ke Aceh jadi mengurungkan niatnya tersebut.

Apa benar Aceh tidak aman dan tidak ramah? wanitanya harus pakai jilbab? berikut ada sebuah video wawancara sebuah media dengan jono, seorang basis asal inggris yang sudah tahu banyak tentang Aceh

Kalau masih ragu dengan destinasi wisata dan komentar orang yang pertama kali ke Aceh, silahkan lihat video tim malasbaget.com berikut:

Penasaran kan? masih percaya dengan segala tipudaya yang dibuat untuk……..? silakan di nilai sendiri.

Sekian dan Kami tunggu di Pantai Lampuuk 🙂

Advertisements

13 thoughts on “Jangan ke Aceh! Tidak Aman

  1. Sama kayak kalo orang mau ke Pattani, Thailand Selatan, udah dengar berita yang gak-gak duluan. Padahal orang di daerah situ, aman-aman saja.
    Ini harusnya jadi refleksi juga untuk diri sendiri; jangan-jangan secara pribadi kita pernah berpikir negatif tentang daerah lain sebagaimana orang lain berpikir negatis tentang Aceh

  2. gogo says:

    mau nulis sedikit tentang perjalanan saya selama keliling sumatra, dan bertemu banyak orang. yang mayoritas pertanyaan mereka adalah apakah aceh aman, itu merupakan pertanyaan yang wajib ditanyakan oleh semua orang ketika orang bertwmu saya, sampai samapai capek ngejawab pertanyaan yang itu-itu aja

    Dari pertanyaan itu saya mempunyai beberapa kesimpulan
    1.orang diluar sana yang belum pernah ke aceh berfikir kalau di aceh itu mesih adanya yang namanya GAM, itu merupakan kekhawatiran yang paling ditakutkan untuk berkunjung ke aceh.
    2. Orang takut ke aceh karna banyak media masa yang menyebarkan isu yang salah tentang pemakaian jilbab,non muslim harus menggunakan jilbab/hijab sehingga orang yang non muslim tidak mau mngunjungi ke aceh, sampai- samapai saya harus memberikan contoh kalau warga chinese disana aman2 saja tidak menggunakan jilbab.
    3. Mungkin ini pertanyaan yang paling malas untuk di jawab orang aceh kalau makan pasti pakai ganja ya?
    ini pertanyaan rasanya kalau orang aceh itu dngan ganja udah kayak makan sayur, padahal saya seniri saja belum pernah ngeliat ganja secara langsung, apalagi ngisapnya.

    Mungkin itu sebagian paradigma orang yang belum pernah mengunjungi ke aceh, berpikir macqm-macam sehingga orang takut datang ke aceh, itu hasil pengalaman saya sendiri selama kelilig sumatra sendiri

    Terima Kasih

    • Wah, informasi yang sangat menarik, jadi tahu banyak hal yang ditakutkan orang luar, rupanya isu jilbab, GAM dan Ganja (enaknya disingkat JGG ya?) menjadi hal yang membuat pariwisata di daerah ini tak pernah bisa maju.
      terima kasih sebelumnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s